https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/issue/feedCo-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis2024-08-26T06:28:23+00:00M. Ardi Nupi Hasyiminfoarkainstitute@gmail.comOpen Journal Systemshttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/1216Pengaruh sosial media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui brand trust pada pengguna marketplace bukalapak2024-06-25T02:48:24+00:00Wachjuni Wachjuniwachjuni@mhs.unsoed.ac.idE. Najmuddin E. Najmuddinnajmudin_najmudin@yahoo.comSudarto Sudartosudarto1907@unsoed.co.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek pada pengguna pasar bukalapak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pengguna pasar bukalapak. Sampel penelitian ini berjumlah 150 partisipan yang berbelanja di bukalapak. Teknik pengambilan sampel secara acak menggunakan metode non-probability sampling.kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Skala masalah yang digunakan antara 1 sampai 7. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur yang didukung software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (2) Citra merek berpengaruh positif dan kuat terhadap kepercayaan. (3) Pemasaran media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Citra tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (6) Kepercayaan merek dapat mempengaruhi dampak pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian. (7) Kepercayaan merek dapat memediasi pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.</p>2024-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/504Analisis kinerja keuangan sesudah dan sebelum di akuisisi2022-12-27T08:10:58+00:00Alfina Damayantifinadamayanti328@gmail.comAnggun Cahya Dwi Ning Tiyassajaanggun43@gmail.comMei Asrining Wulanmeiasriningw07@gmail.comRiska Ayu Fadilareska.ayu67@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT. Kalbe Farma Tbk. Penelitian ini berdasarkan pada pendekatan deskriptif kuantitatif. Informasi dalam penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan PT Kalbe Farma Tbk periode 2009-2015 untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah akuisisi dengan menggunakan analisis rasio keuangan, antara lain: <em>Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Rasio Ekuitas</em>, Pengembalian Aset, ROE (<em>Return on Equity</em>) dan Perputaran Total Aset. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rasio laporan keuangan mengalami penurunan setelah akuisisi. Dalam statistik Paired Samples T-test, ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk semua rasio keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan tidak dipengaruhi oleh akuisisi sebelum maupun sesudah akuisisi.</p>2024-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/793Creative business in the mindset of PGSD University PGRI Palembang students towards an interest in entrepreneurship2023-06-07T03:49:24+00:00Ahmad ZamhariZamhariahmad1969@gmail.comUmmy Uswatun Hasanahummyuswatunhasanah31@gmail.comRahma Moutia Asmini rahmamoutiasmini28@gmail.comSafinatunnaja Safinatunnajasafinasafinatunnaja@gmail.comWafiq Fashohati Rozanah fashohatiwafiq@gmail.com<p>In order to fulfill the desire for entrepreneurship in tertiary institutions, a mindset is needed for PGSD students, so that students can have knowledge and skills. The mindset and entrepreneurial spirit of students can ultimately foster student entrepreneurial interest. The formulation of the problem is how students think in creative endeavors. The aim is to find out the mindset of PGSD students at PGRI Palembang University towards their interest in creative endeavors. The research method used is descriptive qualitative. With data collection techniques using a questionnaire via Google Form to second semester PGSD students. The results of this study indicate that entrepreneurship education, entrepreneurial mindset, and creativity have a positive and significant effect on students' creative business mindset in entrepreneurial intentions in PGSD University PGRI Palembang students.</p>2024-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/795Risk management against the mindset of PGSD students in entrepreneurship2023-06-07T04:06:47+00:00Dian Maharani Putridianmaharaniputri1012@gmail.comAhmad ZamhariZamhariahmad1969@gmail.comAgnes Afrizaagnesafriza@gmail.comIra Maharaniiramaharani188@gmail.comNando Afriyansyaafriyansyan@gmail.com<p>This study aims to find out how Risk Management Against the Mindset of PGSD Students in Entrepreneurship. Using the Quantitative Approach Method by calculating student data about the risks to the mindset of every PGSD student at PGRI Palembang University. The sample used was 40 first grade PGSD students. By conducting surveys, distributing questionnaires and determining the scale of the entrepreneurial mindset then analyzing data for each PGSD student in entrepreneurship. The results of this study are to prove that the risk mindset of PGSD students in entrepreneurship can develop the businesses they develop through their mindset, and by taking the questionnaire researchers can find out how much risk management mindset they face.</p>2024-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/697Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan likuiditas dan leverage pada return saham2023-05-08T14:40:17+00:00Rotua Devita Saragihrotua0203@gmail.comIchksanto WahyudiIchksanto.wahyudi@esaunggul.ac.id<p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana efek profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, leverage terhadap return saham. Dalam kajian ini, variabel bebas yaitu profitabilitas dengan indikator Return on Asset, ukuran perusahaan diproksikan dengan Sales Growth, likuiditas dengan Current Ratio, leverage diproksikan dengan Debt to Equity Ratio. Return saham digunakan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021. Teknik penentuan sampel memakai nonprobability sampling yang disebut sebagai purposive sampling. Hasilnya, 12 perusahaan yang memenuhi kriteria. Pengujian yang dipilih untuk mengolah yaitu analisis regresi linier berganda yang didukung oleh aplikasi SPSS. Hasil studi menunjukkan profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas mempunyai dampak positif pada return saham, sementara leverage memiliki pengaruh negatif pada return saham.</p>2024-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/846Analisis SWOT Pada UMKM Donat Glaze2023-07-03T06:56:05+00:00Dwi Putri Aprillia202010325200@mhs.ubharajaya.ac.idTyna Yunita202010325200@mhs.ubharajaya.ac.idHalimatusadi’ah Halimatusadi’ah202010325200@mhs.ubharajaya.ac.idNawang Dwi Anjani202010325200@mhs.ubharajaya.ac.id<p>Donat Glaze adalah produk menggunakan nilai menjadi pemanis yang cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Produk ini mengandung karbohidrat dengan tepung serta kentang tumbuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strength, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) pada UMKM Donat Glaze. Metode perencanaan strategis yg digunakan buat mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi dalam suatu proyek atau perjuangan bisnis, atau buat mengevaluasi lini produk yg dimiliki serta bersaing. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan produk ini yaitu tidak memakai bahan pengawet sehingga dijamin sehat, kelemahannya tidak menarik perhatian konsumen karena masih baru, peluangnya yaitu masih jarang penjual donat yang memperhatikan kesehatan dengan tidak memakai pengawet sedangkan ancamannya yaitu kosumen lebih mementingkan harga daripada kualitas yang sehat. Dapat disimpulkan bahwa Donat Glaze memiliki kekuatan dan peluang yang cukup bagus untuk berkembang.</p>2024-03-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnishttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/view/1278Strategi inovasi dalam manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja organisasi2024-08-26T06:28:23+00:00Taryono Taryonobanyu83biru@gmail.comSuryono Efendibanyu83biru@gmail.comHasanudin Hasanudinbanyu83biru@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi inovasi manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Inovasi dalam manajemen sumber daya manusia mencakup berbagai aspek seperti rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, dan sistem penghargaan. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk mengidentifikasi beberapa praktik inovatif yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja bisnis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajer sumber daya manusia dan karyawan, serta analisis dokumen internal. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam rekrutmen dan seleksi, program pengembangan berbasis e-learning, sistem manajemen kinerja adaptif, dan kompensasi berbasis kinerja efektif dalam meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan. Ringkasnya, strategi inovasi dalam manajemen sumber daya manusia merupakan elemen kunci yang dapat mendukung organisasi untuk meningkatkan kinerjanya di dunia yang semakin kompetitif.</p>2024-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Taryono Taryono, Suryono Efendi, Hasanudin Hasanudin