https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/issue/feed Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2024-11-14T04:53:49+00:00 M. Ardi Nupi Hasyim jurnal@arkainstitute.co.id Open Journal Systems https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1308 Persepsi siswa dalam penggunaan booklet ArfhA Augmented Reality sebagai media peningkatan vocabulary Bahasa Inggris 2024-10-01T04:03:57+00:00 Ricka Dwi Amilia Santoso rickasantoso@gmail.com Citra Imannisa citraimannisa5@gmail.com Farhan Hanif Athoulloh haniffarhan262@gmail.com Deviana Rahmadhani rahmadhanideviana9@gmail.com Daning Hentasmaka rahmadhanideviana9@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Booklet ArfhA yang berbasis teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 10 siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala Likert untuk mengevaluasi tanggapan siswa setelah pembelajaran menggunakan media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespon positif penggunaan Booklet ArfhA, yang secara signifikan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap kosakata Bahasa Inggris. Teknologi AR yang diterapkan dalam booklet ini, yaitu visualisasi 3D dan suara, mampu mengurangi kebosanan siswa serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Booklet ArfhA Augmented Reality merupakan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan minat serta kemampuan siswa ketika belajar Bahasa Inggris.</p> 2024-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1229 Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran 2024-11-11T04:03:13+00:00 Yuliana Day Atandima yulianadayatandima@gmail.com Yuliana Tamu Ina Nuhamara yulinuhamara@unkriswina.ac.id Erwin Randjawali erwinrandjawali@unkriswina.ac.id <p>Studi ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap pencapaian akademis siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen satu kelompok yang melibatkan pretest dan posttestPeserta dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP Katolik Padadita, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, yang mengikuti perlakuan menggunakan metode pembelajaran PBL. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari lima pertanyaan esai. Analisis data menggunakan uji independent t-test menunjukkan hasil yang signifikan, menunjukkan adanya dukungan untuk hipotesis alternatif (H1) dan penolakan terhadap hipotesis nol (H0). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL secara signifikan meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Padadita, terutama pada topik materi lingkaran.</p> 2024-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1205 Stakeholder engagement dalam departemen principal relations di PT Media Telekomunikasi Mandiri 2024-09-18T07:28:10+00:00 Yasmine Octa Davina yasmine20001@mail.unpad.ac.id Aat Ruchiat Nugraha ruchiat@unpad.ac.id <p>PT Media Telekomunikasi Mandiri atau yang biasa disebut dengan PT MTM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ICT atau <em>Information and Communications Technology</em> yang menyediakan solusi, fasilitas dan layanan di bidang teknologi informasi dan komunikasi data untuk para <em>customer-</em>nya. Dalam MTM, peran komunikasi eksternal di pegang oleh departemen <em>Product Management &amp; Principal Relations</em> yang memiliki tugas utama untuk menjalin dan mempertahankan hubungan dengan <em>principal</em> guna mendukung kegiatan operasional perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis kegiatan komunikasi eksternal, yaitu <em>Stakeholder Engagement</em> yang diimplementasikan di departemen tersebut menggunakan model <em>Stakeholder Engagement</em> dari buku <em>The Practitioner Handbook on Stakeholder Engagement</em>. Penulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam tulisan ini diperoleh dengan menggunakan sejumlah metode, yaitu observasi dan studi pustaka. Selanjutnya langkah-langkah dalam analisis data terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan <em>Stakeholder Engagement</em> yang diimplementasikan telah sesuai dengan model tersebut<em>. </em>Namun, masih ada beberapa aspek yang memiliki potensi untuk dikembangkan.</p> 2024-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1333 Effect of Utilization of Native Language (Hausa) In Teaching Integrated Science Among Private Primary Schools Pupils; A Case Study of Gwadabawa Local Government Area, Sokoto State, Nigeria 2024-11-14T04:53:49+00:00 Abbas Hiliya ABUBAKAR aabbashiliya@gmail.com <p>Science is a key tool for national growth, security, and development of the entire world. The aim of science is only attained if there is good education. By emphasizing native language instruction, Nigeria can improve education quality, promote cultural preservation, and empower future generations. The objective of this paper was to determine the effect of using Hausa Language as medium of instruction among pupils of some private primary schools in Gwadabawa Local Government Area, Sokoto State, Nigeria. The study involved the use of an experimental design, whereby Hausa Language taught pupils are experimental group, and English taught pupils are control, consisting of 210 pupils selected by convenience sampling. The pupils were formatively assessed at the end of the study; and the results (p&lt;0.05) indicate that pupils taught in Hausa Language score more mean marks (66.17+12.70) compared to their peers taught in English Language (with a new score of 46.20+10.11). Therefore, the results show the effectiveness of Hausa Language in affecting learning outcomes. Therefore, policy makers should look into the possibility of incorporating native languages like Hausa in instructions.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1309 Meningkatkan kualitas pengajaran: Menyikapi tantangan profesionalisme guru di masa kini 2024-11-04T03:37:42+00:00 Tica Chyquitita tchyquitita@gmail.com <p>Guru merupakan profesi yang menjadi pilar utama dalam memajukan pendidikan dan membentuk generasi masa depan yang baik. Dalam menjalakan tugasnya, guru dituntut untuk terus meningkatkan profesionalismenya. Namun, seiring dengan dinamika perubahan sosial, teknologi, dan kurikulum yan terjadi, guru masa kini menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam upaya untuk meningkatkan profesionalitasnya. Artikel ini mengeksplorasi beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh guru, seperti perubahan kurikulum, teknologi dalam pembelajaran, diversitas peserta didik, tingginya beban kerja dan administratif, serta kesejahteraan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi guru masa kini dalam meningkatkan profesionalismenya serta strategi-strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Data yang dianalisis dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal hasil penelitian. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa profesionalisme guru sangat menentukan kualitas pengajaran yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi seperti pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, dukungan administratif yang kuat, serta upaya peningkatan kesejahteraan guru untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Dengan strategi yang tepat, diharapkan guru dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka, memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran, dan mempersiapkan generasi mendatang untuk sukses dalam era global yang terus berubah.</p> 2024-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1232 Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran 2024-07-15T11:11:31+00:00 Yuliana Day Atandima amcahya777@gmail.com Yuliana Tamu Ina Nuhamara yulianadayatandima@gmail.com Erwin Randjawali yulianadayatandima@gmail.com <p>Studi ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap pencapaian akademis siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen satu kelompok yang melibatkan pretest dan posttestPeserta dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP Katolik Padadita, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, yang mengikuti perlakuan menggunakan metode pembelajaran PBL. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari lima pertanyaan esai. Analisis data menggunakan uji independent t-test menunjukkan hasil yang signifikan (p = 0,00 &lt; 0,05), menunjukkan adanya dukungan untuk hipotesis alternatif (H1) dan penolakan terhadap hipotesis nol (H0). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL secara signifikan meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Padadita, terutama pada topik materi lingkaran.</p> 2022-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1214 Hubungan antara informasi pada akun instagram @bijakmemilih.id dengan sikap followers 2024-06-25T07:49:05+00:00 Alvenia Azzah Ghassani alvenia20001@mail.unpad.ac.id Suwandi Sumartias suwandi.sumartias@unpad.ac.id FX Ari Agung Prastowo ari.agung@unpad.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara informasi pada akun Instagram @bijakmemilih.id dengan sikap <em>followers</em> mengenai debat capres dan cawapres. Hubungan informasi dengan sikap <em>followers</em> diukur melalui valensi dan bobotnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji teori integrasi informasi dengan mencoba mengetahui sejauh mana hubungan antara valensi informasi pada akun Instagram @bijakmemilih.id dengan sikap <em>followers</em> dan sejauh mana bobot informasi pada akun Instagram @bijakmemilih.id dengan sikap <em>followers</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, melalui uji hipotesis <em>rank spearman</em> dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Responden penelitian ini sebanyak 89 orang yang terpilih berdasarkan teknik <em>simple random sampling</em>. Pengambilan sampel dilakukan melalui PhantomBuster dan Random.org. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket kuesioner, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi pada akun Instagram @bijakmemilih.id memiliki hubungan yang kuat dengan sikap <em>followers</em>. Hal tersebut disebabkan oleh elemen valensi dan bobot informasi yang positif dan memiliki hubungan dengan perubahan sikap <em>followers</em>. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa valensi informasi dengan sikap memiliki hubungan yang cukup kuat. Sedangkan, bobot informasi dengan sikap <em>followers</em> memiliki yang hubungan kuat.</p> 2024-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1312 Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam Critical Book Report mahasiswa Gizi Universitas Negeri Medan 2024-10-23T08:03:04+00:00 Valencia Novelin valencia.5233540011@mhs.unimed.ac.id David Josh davidjosh5233240034@mahasiswa.unimed.ac.id Tiara Nauli tiaranauli.5232240003@mhs.unimed.ac.id Mustika Wati Siregar mustika@unimed.ac.id Wisman Hadi drwismanhadi@unimed.ac.id <p>Penelitian yang dilakukan bertujuan menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia, seperti pada penggunaan huruf miring, huruf kapital, kata depan, dan tanda baca pada Critical Book Report mahasiswa Gizi Universitas Negeri Medan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dikumpulkan data dengan pemilihan sampel Critical Book Report mahasiswa prodi Gizi Univesitas Negeri Medan. Dikumpulkan data dan dikaji dokumen berupa Critical Book Report mahasiswa dan melakukan wawancara dengan mahasiswa gizi untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat pada Critical Book Report mahasiswa program studi Gizi Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kesalahan, termasuk penggunaan huruf miring yang tidak tepat dalam penulisan istilah asing, kesalahan penggunaan huruf kapital pada istilah khusus, serta kesalahan pada kata depan dan tanda baca. Penyebab utama kesalahan ini adalah kurangnya kehati-hatian dan pemahaman mendalam tentang kaidah bahasa Indonesia yang baik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai kaidah penulisan akademik serta pentingnya melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis yang disusun.</p> 2024-10-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia