Analisis indeks kepuasan masyarakat pada program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Sahabat Nelayan dan Bahtera Segara PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari kegiatan survei indeks kepuasan masyarakat penerima program pengembangan masyarakat ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan penerima program pengembangan masyarakat dari PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang. Selain itu, survei ini juga bertujuan untuk menggali masukan, kritikan, serta saran yang konstruktif guna meningkatkan kualitas program pengembangan masyarakat ke depan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Responden dalam survei ini diambil dari perwakilan kelompok-kelompok masyarakat yang menerima program pengembangan masyarakat dari PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, indeks kepuasan masyarakat terhadap Program Bahtera Segara menunjukkan angka sebesar 3,26, yang setelah dikonversi menjadi 81,49, menunjukkan bahwa masyarakat merasa sangat puas dengan program tersebut. Demikian pula, Program Pertamina Sahabat Nelayan mencatatkan indeks kepuasan masyarakat sebesar 3,28 atau sebesar 82,16 setelah konversi, yang juga menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi dari masyarakat.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.