PENGEMBANGAN USAHA SEMBAKO DI KAMPUNG ANYAR KABUPATEN BULELENG BALI
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan penataan toko, keuangan dan MSDM toko sembako dengan memberikan pelatihan pemasaran secara online, pelatihan pelayanan kepada konsumen yang baik, pelatihan penataan toko yang benar dan penyusunan laporan keuangan yang benar secara sederhana. Metode pelaksanaan PKL ini adalah identifikasi kebutuhan, perancangan, pembuatan, pendampingan operasional, dan implementasi kepada UKM. Terdapat banyak toko sembako yang menyebar di beberapa lokasi di Kampung Anyar, antara lain "UD. ROSE" yang terletak di daerah barat Kota Singaraja. Sistem pemasaran bersifat pasif dengan mengandalkan para pembeli yang datang ke outlet langsung dan komunikasi "dari mulut ke mulut". Fungsi pemasaran yang baik dan menarik masih minim. Sejumlah masalah yang menjadi kendala bagi UKM tersebut hendaknya harus sesegera mungkin untuk diatasi sebagai salah satu solusi pengembangan usaha kecil dan menengah. Solusi yang ditawarkan kepada UKM Sembako yaitu Peningkatan keterampilan dalam melayani pembeli seperti menerapkan system 4S yaitu : senyum, sapa, salam yang sopan dan juga karyawan harus memiliki sifat yang jujur dan tekun, Peningkatan keterampilan dalam memaparkan produk melalui media sosial, Keterampilan penyusunan laporan keuangan dan menguasai laporan keuangan serta memperkenalkan salah satu aplikasi yang dapat digunakan di dalam membuat laporan keuangan dan menggunakan barcode.