Analisis penerapan pendekatan saintifik di UPT SD Negeri Sukorejo 2

Main Article Content

Surayanah Surayanah
Dhaina Listia Dwi Anggraini
Fany Febriana Amalia
Fatwa Faadilah
Kevin Ravendra Henitto Putra
Meirin Dwi Yuspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn di UPT SD Negeri Sukorejo 2. Pendekatan saintifik merupakan bagian penting dari Kurikulum 2013 yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Namun dalam praktiknya, masih mengalami kendala dalam penerapannya, sehingga analisis di sekolah ini menjadi penting untuk mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas I menyatakan bahwa penggunaan media visual, seperti gambar dan papan tulis serta kegiatan mengamati, sangat efektif dalam menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar. Meskipun memiliki kendala, penerapan pendekatan saintifik memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa mengenai nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat membantu mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Analisis penerapan pendekatan saintifik di UPT SD Negeri Sukorejo 2. (2025). Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.55904/ruangcendekia.v4i2.1531