Pengembangan BahanAjar Digital Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 38 Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kevalidan bahanajar digital yang dikembangkan melalui pendekatan saintifik terhadapkemampuanpemahaman konsep matematis siswa, (2) Untuk mengetahui kepraktisan, kevalidan dan kevektivan bahan ajar digital dalampembelajaranyang dikembangkan melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkankemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian yang dialukanialahpenelitian dan pengembanagan ( Reserch and Development ) yang mengacupadamodel ADDIE. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 28 siswa Kelas VIII di SMP Negeri 38 Medan dengan instrumen penelitian yaitu lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan bahan ajar, serta angket respon guru dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data: (1) Bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi keriteria kevalidanberdasarkan penilaian validator dengan nilai 3,27 untuk materi dan 4,45 untukmedia dimana keduanya dikategorikan sangat layak, (2) Bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan praktis dilihat dari hasil angket respon respon guru dan siswa dengan persentase 80,69%dan 93,75%dimana didapati renntang persentase diantara keduanya sebesar 76%, (3) Bahanajar digital berbasis pendekatan saintifik memenuhi keriteria keefektifan dilihat dari : (a) tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 88% mencapai nilai >78, (b) tercapainya ketuntasan tujuan pembelajaran individual dengan rata-rata 89,22%, (c) tercapainya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan rata-rata sebesar 42,22, dari yang sebelumnya rata-rata pretest 47 meningkat menjadi 89,22 pada posttest.