Pengaruh keunggulan merek, kekuatan merek, dan keunikan merek terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan Rumah Sakit X
Main Article Content
Abstract
Rumah Sakit X saat ini menghadapi tantangan strategis dalam mempertahankan loyalitas pasien di tengah intensitas persaingan industri layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara mendalam pengaruh keunggulan merek, kekuatan merek, dan keunikan merek terhadap minat kunjungan ulang pada pasien rawat jalan. Metode yang diterapkan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, menggunakan teknik purposive sampling terhadap 100 pasien rawat jalan umum. Data diperoleh melalui kuesioner tertutup kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Uji regresi mengindikasikan ketiga variabel secara bersama berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ulang (sig. F = 0,000). Secara parsial, kekuatan merek merupakan determinan paling dominan (β = 0,311; sig. 0,000), diikuti oleh keunikan merek (β = 0,310; sig. 0,001), dan keunggulan merek (β = 0,303; sig. 0,001). Temuan ini menegaskan bahwa seluruh dimensi citra merek berperan penting dalam menciptakan perilaku kunjungan ulang pasien. Oleh sebab itu, Rumah Sakit X penting memfokuskan strategi pemasaran pada penguatan aspek kekuatan merek, disertai inovasi keunggulan dan keunikan layanan, guna mempertahankan sekaligus meningkatkan loyalitas pasien.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
References
Abdullah, A., & Palinggi, Y. (2024). Perbandingan Pengaruh Brand Image Dan Brand Equity Antara Rumah Sakit Islam Faisal Dan Rumah Sakit Stella Maris Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan Lentera Acitya, 11(1), 21–50.
Amalia, H. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Berkunjung Kembali Pada Pasien Di RSIA Permata Hati Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 968–977. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1324
Aristiyanto, R. (2018). The Influence of Brand Image Towards Brand Loyalty of Dental Hospital of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 7(3), 238–246. https://doi.org/10.18196/jmmr.7378
Ariyah, N. N. (2024). Analisis Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Keputusan Pasien Dengan Pembayaran Umum Dalam Memilih Layanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau [Universitas Awal Bros]. http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/446
Azizah, D. A. N. D. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Indriati Solo Baru [Universitas Duta Bangsa Surakarta]. https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3417
Cahayani, N. B., Rahim, A. H., & Veranita, M. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Harapan Sehat Slawi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(11), 6624–6632. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.50117
Fairiska, N., & Sulistiadi, W. (2024). Pengaruh Brand Image Rumah Sakit Terhadap Niat Kunjungan Ulang Pasien: Literature Review. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(6), 3756–3764. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i6.15970
Girman, G., Edris, M., & Sutono, S. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsi Sunan Kudus. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.24176/jsmb.v2i1.8147
Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 27–38. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105
Irdan, I., Kusumapradja, R., & Ramadhan, Y. (2024). The Effect of Brand Image and Medical Quality on Intention of Re-visit with Word of Mouth as a Mediating Variable among Patients. IJNHS: International Journal of Nursing and Health Service, 7(4), 139–147. https://doi.org/https://doi.org/10.35654/ijnhs.v7i4.799
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson India Education Services.
Muksin. (2022). Pengaruh Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit. Deepublish.
Nurfitriani Nurfitriani. (2023). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Jalan Rsud Haji Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022. Jurnal Anestesi, 1(4), 363–372. https://doi.org/10.59680/anestesi.v1i4.797
Raharjo, D. P., & Jayanegara, O. (2025). Pengaruh Service Quality, Brand Image, dan Patient Trust terhadap Revisit Intention Dimediasi oleh Patient Satisfaction di RS XYZ Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(4), 2913–2922. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i4.5024
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif (3rd ed.). Alfabeta.
Sukowati, B. E. Y. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Orthopaedi Rumah Sakit Khusus Bedah Halmahera Siaga - Bandung. Idea : Jurnal Humaniora, 2(1), 108–119. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4168
Sunarta, Rochaeti, E., & Yusuf, B. P. (2020). Reputation As Mediation To The Influence Of Brand Equity On Revisit Intention. AGREGAT: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 70–82. https://doi.org/10.22236/agregat_vol4/is1pp70-82
Theja, A., Syaodih, E., & Hidayat, D. (2023). Pengaruh Kualitas Fungsional, Teknis Dan Brand Image Terhadap Minat Kunjungan Pasien. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(2), 53–60. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/mmrs