Analisis tingkat kepuasan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di rumah sakit

Main Article Content

Farah Fauziah
Susilawati Susilawati

Abstract





JKN adalah program untuk menjamin kesehatan masyarakat secara menyeluruh, dimulai sejak 1 Januari 2014. Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien dimana tata cara penyelenggarannya sesuai dengan standar dan kode etik yang telah ditetapkan.  Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Studi Literature Review yang bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta JKN di Rumah Sakit..Hasil dari penelitian literatur review ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta JKN di Rumah sakit Sudah hamper maksimal keika meberikan pelayanan kesehatan  di Rumah Sakit. Saran yang diberikan adalah meningkatkan kinerja dengan melakukan evaluasi secara rutin terhadap pelayanan yang diberikan.





Article Details

How to Cite
Fauziah, F. ., & Susilawati, S. (2022). Analisis tingkat kepuasan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di rumah sakit. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.301
Section
Articles

References

Aer Sondari , Bambang Budi Raharjo 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). e ISSN 1475-222656. HIGEIA 1.

Widiya Wati, Rizanda Machmud, Yurniwati,2019. Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Kabupaten Kerinci. http://jurnal.fk.unand.ac.id

Depkes RI. 2013. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Jakarta

Desi Ratnasari, Misnaniarti, Yuanita Windusari.2020. Analisis Kualitas Layanan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mandiri Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu Tahun 2019. Vol. 5 No. 2 Jurnal Kesehatan Vokasional.

Al Borie, H. M., dan Damanhouri, A. M. S. (2013). Patients’ Satisfaction of Service Quality in Saudi Hospitals: A SERVQUAL Analysis. International Journal of Health Care Quality Assurance, 26(1), 20–30. h7 ps://doi.org/ 10.1108/09526861311288613

Elmi Nurmata Sari , Gayatri Citraningtyas , Imam Jayanto 2019.Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Siloam Manado. Volume 8 Nomor 3.

Hasbina Wildani, Muhammad Badiran, Anto J. Hadi. 2020. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di RSU Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat Volume 1 Nomor 2.