Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Article Content

Dedek Safitri
Raihanis Anastasya
Rayhan Layli
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

Konsep mutu layanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien ditentukan oleh lima unsur yang dikenal dengan istilah service quality yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS yang menggunakan lima dimensi yaitu faktor kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati  dan bukti fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara mutu pelayanan terhadap dimensi bukti fisik (tangibles) p-value (0,117) > 0,05, dimensi daya tanggap (responsiveness) p-value (0,456) > 0,05 dan dimensi jaminan (assurance)  p-value (0,577) > 0,05. Serta terdapat hubungan antara mutu pelayanan terhadap dimensi kehandalan (reliability) p-value (0,014) < 0,05, dan dimensi empati (emphaty) p-value (0,043) < 0,05. Simpulan dalam penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara mutu dengan dimensi bukti fisik, daya tanggap dan jaminan dengan kepuasan pasien, dan terdapat hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan kehandalan dan empati dengan kepuasan pasien BPJS. Diharapkan kepada pihak puskesmas agar dapat mempertahankan dan bisa meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang sudah baik, dan diharapkan juga untuk melakukan survey mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien secara berkala terutama pada kelima dimensi.

Article Details

How to Cite
Safitri, D. ., Anastasya, R. ., Layli, R. ., & Gurning, F. P. . (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.303
Section
Articles

References

, P. M. K. R. N. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. In Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas: Vol. Nomor 65 (Issue 879, pp. 2004–2006).

Ampu, M. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Desa Suanae ( Puskesmas Eban ) Berdasarkan Pasal 5 ayat ( 1 ) dan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional , harus dibentuk B. Ekonomi,Sosial & Humaniora, 02(05), 2686–5661.

Arif Tarmansyah Iman, D. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance.

Dinkes Jogja. (2018). Gambaran umum Universal Health Coverage (UHC). In Manajemen Pembiayaan Kesehatan (pp. 2–5).

Ginting, S., & Arianto, A. (2019). Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Mandiri Di Puskesmas Delitua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018 Health is a prosperous state of the body , soul , and social which is very possible for every individual to live productively in a social and economic way . Tests. JURNALPENELITIAN KEPERAWATAN MEDIK, 1(2).

Iman, A. T. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Imran, Yulihasri, Almasdi, & Syavardie, Y. (2021). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 389. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.40846

Indonesia, P. R. (2009). UUD Nomor 36 Tahun 2009. In Pemerintah Republik Indonesia: Vol. ث ققثق (Issue ثق ثقثقثق). https://doi.org/10.1038/132817a0

Indonesia, P. R. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 TENTANG. In Pemerintah Republik Indonesia (Vol. 66, Issue July).

Mardina, M., Ilmi, M. B., Octa, & Viana, E. S. L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Bagian Pendaftaran Di Wilayah Kerja Puskesmas Pelambuan Banjarmasin Tahun 2021. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Natassa, J., & Dwijayanti, S. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di Unit Rawat Inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Jurnal Kesehatan, 8(2), 14.

Rizky, A. A. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Delima Harapan, 8(September), 34–39.

Rofiah, N. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019.

Sabilla, A. G. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingat Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Medika Hutama, 02(01), 402–406.

Sari, K. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(31), 194–207. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Syafitri, E. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dengan Menggunakan Analisis Faktor. 3(1), 17–21.

Tridiyawati, F. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan. 1(01), 3–11.

Walukow, D. N., Rumayar, A. A., Kandou, G. D., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2019). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas, 8(4), 62–66.