LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA

Main Article Content

Anggie Al-Qarana Savitri
Susilawati Susilawati

Abstract

Sanitasi adalah suatu usaha untuk menurunkan jumlah bibit penyakit yang terdapat di lingkungan sehingga derajat kesehatan manusia terpelihara dengan sempurna. Sanitasi lingkungan mengutamakan pencegahan terhadap faktor lingkungan sedemikian rupa sehingga munculnya penyakit akan dapat dihindari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kondisi sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada balita. Metode penelitian ini adalah studi literature review dengan memusatkan kajian spesifik dari berbagai cakupan yang ditemukan untuk digabung dan menarik kesimpulan yang ringkas dan didapatkan melalui database penyedia jurnal google scholar. Hasil penelusuran google scholar sebanyak 12 jurnal dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Jurnal yang tidak eligible dengan kriteria inklusi sebanyak 7 jurnal, dan jurnal yang eligible dengan kriteria inklusi sebanyak 5 jurnal. Hasil penelitian ini adalah ditemukan hubungan antara sanitasi lingkungan seperti penyediaan air bersih, kepemilikan jamban, tempat pembuangan sampah dengan kejadian diare pada balita. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat penyebab sanitasi lingkungan yang buruk seperti sarana air bersih yang kurang, kondisi jamban yang kurang layak, dan tempat pembuangan sampah rumah tangga yang tidak baik. Saran pada penelitian ini adalah diharapkan agar sanitasi lingkungan rumah tangga harus memenuhi syarat-syarat kesehatan untuk mencegah datangnya penyakit, khususnya penyakit diare pada balita.

Article Details

How to Cite
Savitri, A. A.-Q. ., & Susilawati, S. (2022). LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 72–77. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.311
Section
Articles

References

Ganiwijaya, F., Rahardjo, M., Lingkungan, B. K., Masyarakat, F. K., & Diponegoro, U. (2016). SEBARAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN INFORMASI GEOGRAFIS DI KECAMATAN SEMARANG. 4.

Hastia, S., & Ginting, T. (2019). Hubungan sanitasi lingkungan dan personal hygiene ibu dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Sidorejo Puskemas Sering Kota Medan. 01(1), 12–17.

Kebumen, B. K. (2018). Gambaran Kondisi Sanitasi Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Buayan Kabupaten Kebumen. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(4), 476–484.

Kesehatan, J., & Indonesia, L. (2012). Hubungan Praktek Personal Hygiene Ibu dan Kondisi Sanitasi Lingkungan Rumah dengan Kejadian Diare pada Balita di Puskesmas Kampung Dalam Kecamatan Pontianak Timur The Relationship of Maternal Personal Hygiene and Housing Environmental Sanitation to Pontianak Timur District. 11(2).

Kesehatan, J., Rachim, L. H., Kunci, K., Bersih, A., Keluarga, J., & Sampah, T. (2014). 37. Saleh. VII(1).

Pratama, R. N. (2013). Riki Nur Pratama. Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Dan Personal Hygiene Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Kelurahan Sumurejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, 2.

Wijaya, I., & Kartini. (2020). Pengaruh Kondisi Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Barombong Kota Makassar. Jurnal Promotif Preventif, 2(1), 1–9.