Analisis kesulitan yang dialami masyarakat di daerah Pesisir Belawan

Main Article Content

Pipi Agpina
Susilawati Susilawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kawasan pesisir Belawan lorong Harapan Kecamatan Medan Belawan Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami masyarakat di daerah pesisir belawan dan kendala- kendala apa saja yang mempengaruhinya. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja. Untuk memenuhi penelitian ini maka di ambil sampel sebanyak 20 orang ibu-ibu rumah tangga nelayan buruh di daerah pesisir belawan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara memperoleh data yang bersifat opini. Selanjutnya untuk mengetahui apa saja kendala- kendala yang terjadi di daerah di pesisir belawan yaitu seperti kendala yang membuat penghasilan nelayan di daerah pesisir belawan tidak stabil, kendala yang menyebabkan air laut di daerah belawan tidak jernih, kendala yang membuat pembangunan di pesisir belawan tertinggal, kendala yang membuat masyarakat di daerah pesisir belawan tidak membuat jamban dan faktor ekonomi yang menjadi kendala dalam pengobatan.

Article Details

How to Cite
Agpina, P. ., & Susilawati, S. (2022). Analisis kesulitan yang dialami masyarakat di daerah Pesisir Belawan. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 78–81. https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.312
Section
Articles

References

Mukidi, M. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Ramah Lingkungan (Penelitian Di Belawan Kota Medan). Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi dan Informasi Hukum dan Masyarakat, 17(3), 195-210.

Warawu, F. O. S. (2018). Analisis Konsumsi Pangan Rumah Tangga Nelayan Buruh Di Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Salmaniah, Nina, Siti, (2016), Kesadaran Masyarakat Nelayan terhadap Pendidikan Anak, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 4 (1) (2016) : 1-10

Mubyarto, dkk., (2000). Nelayan dan Kemiskinan. Jakarta : CV. Rajawali

Fefayosa, Sari, (2017), Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Daerah Pesisir Lorong Melati Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Gunawan,AryH, (2010), Sosiologi Pendidikan : Suatu Analisis Sosiologi tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta : RinekaCipta

Suyanto,Bagong, (2010), Masalah Sosial Anak. Jakarta : Kencana

Kusnadi, (2002), Akar Kemiskinan Nelayan. LKIS, Yogyakarta

Kusnadi, (2008), Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir.

Uhbiyati,A, (2001), Ilmu Pendidikan. Semarang : Rineka Cipta

Suharyanto,A, (2015), Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2) (2015) : 162-165.

Sula, Tirtaharja, (2003), Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.