Hubungan faktor usia dengan kejadian PTM di wilayah Puskesmas Desa Aek Goti

Main Article Content

Putri Aisyah Siregar
Susilawati Susilawati

Abstract

Penyakit tidak menular merupakan penyebab utama kematian dan ketidakmampuan fisik yang diderita oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan faktor usia dengan kejadian PTM di Puskesmas Aek Goti. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode penelitian deskriptif karena dalam pelaksanaannya meliputi data, analisis dan interpretasi tentang arti dan data yang diperoleh, dan pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan faktor usia dengan kejadian PTM di Puskesmas Aek Goti. Kesimpulan yang didapat yaitu terdapat hubungan faktor usia dengan kejadian PTM di Puskesmas Aek Goti yang terdiri dari penyakit hipertensi, diabetes mellitus, dan diare.

Article Details

How to Cite
Siregar, P. A. ., & Susilawati , S. . (2023). Hubungan faktor usia dengan kejadian PTM di wilayah Puskesmas Desa Aek Goti . FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 11–14. Retrieved from https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/florona/article/view/583
Section
Articles

References

Anderson, E. (2017). Fungsi Kognitif Terhadap Tingkat Kemandirian Lansia di Panti Werdha Bethania Lembean dan Balai Penyantunan Lansia Senja Cerah Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 3(2), 114-123.

Febrianti Thresya, dkk. (2019). Analisis HUbungan Faktor Usia, Aktivitas Fisik, dan Asupan Makan dengan Kejadian Hipertensi di Puskesmas Wilayah Kerja Tangerang Selatan. Collaborative Medical Journal (CMJ). Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2(2), 57-67.

Harahap, N. W., Arto, K. S., & Dalimunthe, D. A. (2020). Hubungan Pengetahuan Anak tentang Cuci Tangan dengan Kejadian Diare di Desa Panobasan. SCRIPTA SCORE Scientific Medical Journal, 2(1), 14-9.

Hasan, H., Boham, A., & Runtuwene, A. (2019). Manajemen Koleksi Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3).

Kemenkes RI. (2012). Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM).

Maulidina, F., Harmani, N., Suraya, I., & Masyarakat, K. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Jati Luhur Bekasi Tahun 2018 Factors Associated with Hypertension in The Working Area Health Center of Jati Luhur Bekasi 2018. Arkesmas, 4, 149-55.

Milita F, dkk. (2021). Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lanjut Usia di Indonesia (Analisis Riskesdas 2018). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. Universitas Muhammadiyah. 17(1), 9-20.

Nasruddin, N. R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (POSBINDU PTM) Di Wilayah Kerja Puskesmas Ballaparang Kota Makassar Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Republik Indonesia. 2009. “Undang-Undang Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 Tentang Penyakit Tidak Menular.”

RS Krakatau Media. Diare pada Anak, Penyebab dan Mengatasinya. Banten, Indonesia. https://krakataumedika.com/info-media/artikel/diare-pada-anak-penyebab-dan-mengatasinya

Sari, D. W. R., & Savitri, M. (2018). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pemanfaatan POSBINDU Penyakit Tidak Menular (PTM) di Wilayah Kerja PUSKESMAS Kecamatan Setia Budi Kota Jakarta Selatan Tahun 2018. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 7(2), 49-56.