Analisis pengetahuan masyarakat tentang program JKN - KIS (BPJS) di Daerah Binjai Utara Kelurahan Cengkeh Turi

Main Article Content

Mutiara Rizki
Mira Ulpayani Harahap
Fani Dwi Yanti
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Sistem Jaminan Sosial Nasional ini diselenggarakan melalui mekanisme Asuransi Kesehatan Sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang No.40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat tentang program JKN. Metode penelitian kualitatif deskriptif etnografi dengan metode wawancara kepada masyarakat sekitar dan observasi dan menambahkan beberapa kuesioner sebagai penambah keakuratan. Dari hasil pembahasan dan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui tentang program JKN dan bagaimana itu bpjs dan manfaat dari BPJS dan bagaimana metode pembayaran bagi yang mandiri dan bagaimana cara daftar BPJS. Dan ada Sebagian masyarakat yang kadang sudah ikut membayar dan tidak membayar lagi dan masyarakat tidak mengetahui Tindakan apa yang harus dilakukan apakah terus membayar atau tidak perlu membayar lagi karena dari sisi masyarakat mereka belum pernah mendapatkan pelayanan dari BPJS karena belum pernah berobat kepuskesmas ataupun rumah sakit terdekat.dan dari hasil wawancara dapat kami simpulkan pengetahuan sangat berpengaruh terhadap pandangan masyarakat terhadap pelayanan BPJS.

Article Details

How to Cite
Rizki, M. ., Harahap, M. U. ., Yanti, F. D. ., & Gurning, F. P. . (2023). Analisis pengetahuan masyarakat tentang program JKN - KIS (BPJS) di Daerah Binjai Utara Kelurahan Cengkeh Turi. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.55904/florona.v2i1.586
Section
Articles

References

Apriani, H. (2019). Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang Tahun 2019. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sriwijaya.

Ardianto, Dewi Anggraini, S. (2020). Respon Pasien Pengguna Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Rawat Inap Pada Pelayanan Puskesmas Poasia Kota Kendari. Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. https://doi.org/10.52423/welvaart.v1i1.10829

Instruksi Presiden. (2017). Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan.

Maryuni, S., & Eka, A. (2019). Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Dalam Meningkatkan Partisipasi Kepesertaan Mandiri Bpjs Kesehatan Di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 14(1), 1–15.

Novya, L. (2017). Gambaran Pengetahuan mengenai Jaminan Kesehatan Nasional pada Peserta Badan Pentelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Sukadana Tahun 2016. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 3(1).

Pemerintah Pusat. (2004). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan.

Putri, H. (2020). Persepsi Masyarakat Kelurahan Amplas terhadap Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Putri, N. E. (2014). Efektivitas Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional Melalui BPJS dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin di Kota Padang. Tingkap, 10(2), 175–189.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Yaqin, A. (2019). Analisis Kesiapan Masyarakat dalam Mendukung Program JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan di Kabupaten Sumenep (Studi Kasus Kecamatan Pragaan, Guluk-Guluk, Ganding). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 1–20.