Analisis perspektif masyarakat pada program jaminan kesehatan nasional di wilayah Teluk Mengkudu

Main Article Content

Fani Dwi Yanti
Susilawati Susilawati

Abstract

JKN yang dikembangkan di Indonesia merupakan bagian dari system jaminan sosial nasional yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory). Hal ini berdasarkan Undang-Undang No.40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan masyarakat diwilayah TelukMengkudu terhadap program JKN. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pendekatan fenomenologi serta observasi dan kousioner. Hasil penelitian masyarakat di wilayah Teluk Mengkudu percaya dengan program JKN-KIS sebesar 92 persen ini menunjukkan sigfinikasi yang sangat baik, selanjutnya sebesar 89 persen masayarakat diwilayah Teluk Mengkudu percaya dan terbukti bahwa jaminan Kesehatan ini sangat baik dan program ini dapat mencakup semua masyarakat menjadikan keringan bagi mereka untuk berobat pada pelayanan Kesehatan terdekat. Namun ada sebesar 52 persen tidak percaya bahwasannya program JKN ini bisa menjamin semua pembiayaan Kesehatan. Kurangnya sosialisasi menjadi alasan mereka kurang percaya terhadap pembiayaan yang ditanggung oleh JKN. Program JKN pada wilayah Teluk Mengkudu sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat kurangnya pemahaman masyarakat tentang pembiayaan dan kegunaan terhadap JKN.

Article Details

How to Cite
Yanti, F. D. ., & Susilawati, S. (2023). Analisis perspektif masyarakat pada program jaminan kesehatan nasional di wilayah Teluk Mengkudu. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 20–23. https://doi.org/10.55904/florona.v2i1.588
Section
Articles

References

Amira, A. Y. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional dari Aspek Struktur dan Interaksi Sosialisasi Pada Bulan Januari-Maret 2014 di Puskesmas Ngesrep Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 8.

Ardinata, M. (2020). Tanggung Jawab Negara Terhadap Jaminan Kesehatan Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM, 11(2), 319-332.

Darmayanti, L. D., & Raharjo, B. B. (2020). Keikutsertaan masyarakat dalam jaminan kesehatan nasional mandiri. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 4), 824-834.

Estera, S. (2018). Implementasi Pelayanan Publik Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Jurnal Hukum Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Untan (Jurnal Mahasiswa S1 Fakultas Hukum) Universitas Tanjungpura, 6(2).

Katiandagho, D. (2018). Perspektif Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Dalam Pandangan Masyarakat di Kecamatan Tikala Kota Manado. Jurnal Sehat Mandiri, 13(2), 56-70.

Laturrakhmi, Y. F., Swastikawara, S., & Wardasari, N. (2020). Analisis perilaku masyarakat pedesaan terhadap asuransi kesehatan nasional dalam perspektif komunikasi kesehatan. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(2), 87-100.

Primasari, K. L. (2015). Analisis Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional RSUD. Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(2).

Raharni, R., Supardi, S., & Sari, I. D. (2018). Kemandirian dan Ketersediaan Obat Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN): Kebijakan, Harga, dan Produksi Obat. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 28(4), 219-228.

Harianti, Retno Dwi. (2017). Analisis Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sabila, Z. S., Triska, A., Widaningsih, W., & Sumiati, I. (2022). Analisis Pelayanan Jkn-Kis Di Rsud Dr. Murjani Sampit. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 6(1), 400-403.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta