Efektivitas Pelaksanaan Program JKN di Klinik Adisma Husada Kota Medan

Main Article Content

Cindy Pertiwi
Annisa Aisy Rifdah
Putri Kartika
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

1 Januari 2014 pemerintah dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melaksanakan Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). JKN merupakan program pelayanan Kesehatan dari pemerintah yang dikelola oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan program JKN di Klinik Adisma Husada Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 34 orang. Dari penelitian ini didapati hasil bahwa Klinik Adisma Husada untuk meningkatkan efektivitas sudah berjalan sesuai program BPJS namun masih adanya kendala dimana pasien yang datang masih belum memiliki mobile JKN yang mengakibatkan terjadinya antrian sangat panjang dan menumpuk. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu klinik adisma husada ini memiliki Faskes rawat Jalan Tingkat 1 (TK 1) dengan sistem pembayaran BPJS dan efektivitas serta efisiensi pelayanan kesehatan sudah dikatakan cukup efisien.

Article Details

How to Cite
Pertiwi, C. ., Rifdah, A. A. ., Kartika, P. ., & Gurning, F. P. . (2023). Efektivitas Pelaksanaan Program JKN di Klinik Adisma Husada Kota Medan. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.55904/florona.v2i1.589
Section
Articles

References

Indanazulfa, I. (2022). Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Pasien dengan Pemanfaatan Layanan BPJS di Klinik Pratama Bagus Samudra (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Khoiri, A. (2015). Efektivitas Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Rumah Tangga Usaha Pertanian Non PBI di Kabupaten Jember Tahun 2015. IKESMA, 11(2).

Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) untuk meningkatkan efektivitas pelayanan BPJS kesehatan di kota Medan. Administrasi Publik.

Mahardhika, P., Lau, E. A., & Dewi, C. K. (2015). Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2015 Pada Kabupaten Kutai Barat.

Nasution, W. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Puskesmas Medan Labuhan (Doctoral dissertation, UMSU).

Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2017). Efektivitas Program Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Pasien Pengguna Jasa Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Srondol). Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 416-430.

Putri, F. Z., & Frinaldi, A. (2019). Efektivitas Rujukan Online Bagi Pasien Rawat Jalan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Kota Solok. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 28-38.

Sari, N. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Hati Rumah Bakat (RHRB) di Dinas Sosial Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686-696.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.