Mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam meningkatkan kepuasan pasien di fasilitas kesehatan tingkat pertama

Main Article Content

Silvana Della Batubara
Annis Lumongga Zaisya Siregar
Annisa Rahma Sitorus

Abstract

Analisis ini memiliki tujuan untuk membuktikan kalau kualitas pelayanan terkait pada kepuasan setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Medan, Sumatera utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang rancangan cross sectional. Kemudian Lokasi yang digunakan pada penelitian yaitu FKTP yang bekerja sama terhadap BPJS Kesehatan yang ada di Medan, Sumatera Utara. Penelitian dimulai di bulan Juli 2018. banyak sampel pada penelitian ini ialah 850 secara proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan memakai uji Kendall Tau. Kepuasan pelayanan kesehatan dari sudut, reliability, tangible responsiveness, assurance serta empathy berkaitan pada kepuasan peserta BPJS Kesehatan di Medan, Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan kesehatan (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) berkaitan terhadap kepuasan layanan kesehatan yang diberi dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama terhadap pasien yang memakai BPJS Kesehatan terhadap tingkat keterkaitan yang kuat. Kemudian dalam keterkaitan kualitas pelayanan pada sudut assurance keterkaitannya sangat kuat.

Article Details

How to Cite
Della Batubara , S. ., Zaisya Siregar, A. L. ., & Sitorus, A. R. . (2023). Mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam meningkatkan kepuasan pasien di fasilitas kesehatan tingkat pertama. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.55904/florona.v2i1.591
Section
Articles

References

Adams, A. M., Ahmed, T., El Arifeen, S., Evans, T. G., Huda, T., & Reichenbach, L. 2013. Innovation for universal health coverage Bangladesh: a call to action. Lancet, 382 (9910), 2104–11. doi:10.1016/ S0140-6736(13)62150-9.

Aini, Y., Andari, E. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 5 (1)

Andriani, Aida. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance 2(1), 45-52. Kopertis Wilayah X. DOI: http://dx.doi. org/10.22216/jen.v2i1.461.

Antina, Rila Rindi. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2 (2), 567-76.

Arifin. 2013. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna ASKES sosial pada pelayanan rawat inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja 2013. Jurnal Universitas Hasanuddin.

Gaghana, V.F., Siagian, I.Y.T., Palandeng, H. M. F., Monintja, T. 2014. Tingkat Kepuasan Pasien Universal Coverage Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Hemadeh, Hammoud R, Kdouh O, Jaber T, Ammar L. 2018. Patient satisfaction with primary health care services in Lebanon. Int J Health Plann Manage. doi: 10.1002/ hpm.2659. [Epub ahead of print]. Available at: https:// www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30259563.

Hastuti, T., & Nasri, M. (2014). Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Loyalitas Nasabah: Aplikasi Servqual Model Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(3).

Marhenta, Bhakti Yoga; Satibi; Wiedyani, Chairun. 2018. Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan BPJS dan Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. JMPF, 8 (1), 18 – 23.

Mernawati, D., Zainafree, I. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal. Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/p hpj.

Mohamed, E.Y., Waqas, S., Alotaibi, A., Alfarag, A., Almutairi, A., & Alanzi,F. 2015. Patients’ Satisfaction with Primary Health Care Centers’ Services, Majmaah, Kingdom of Saudi of Saudi Arabia. Int J Health Sci (Qassim), 9 (2), 163–70. Available at:https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4538 893/.

Obermann, K., Jowett, M. R., Alcantara, M. O. O., Banzon, E. P., & Bodart, C. 2006. Social health insurance in a developing country: the case of the Philippines. Social Science & Medicine, 62 (12), 3177–85. doi:10.1016/j. socscimed.2005.11.047.

Papanikolaou V1, Zygiaris S. 2014. Service quality perceptions in primary health care centres in Greece. Health Expect, 17 (2), 197-207. doi: 10.1111/j.13697625.2011.00747.x. Epub 2012 Feb 2. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2229 6402.

Sagrado, T. Sanchez. 2017. Primary care in Ireland. Published by Elsevier España. doi. org/10.1016/j.semerg.2017.02.004. Available at http://www.sciencedirect.com/science/articl e/pii/S1138359317300576. [accessed 07 Juni 2017]. Tuminting Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropic, II (1).