Analisis laporan indeks kepuasan masyarakat penerima program pemberdayaan masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.55904/histeria.v4i2.1716Keywords:
Kepuasan masyarakat, Pengembangan masyarakat, PT Pertamina, Program bengkel edupreneur, Evaluasi programAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan penerima program pengembangan masyarakat dari PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang dan menggali masukan, kritikan, serta saran untuk meningkatkan kualitas program pengembangan masyarakat ke depan. Penelitian ini mencakup tingkat kepuasan masyarakat terhadap program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang, khususnya Program Bengkel Edupreneur. Survei yang dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2024 melibatkan 14 responden dari kelompok masyarakat penerima manfaat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert. Hasil survei menunjukkan bahwa indeks kepuasan masyarakat untuk keseluruhan program menandakan tingkat kepuasan yang sangat tinggi. Aspek relevansi, manfaat, dan keinginan program dinilai baik oleh responden. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program juga mendapatkan penilaian positif. Temuan ini menunjukkan bahwa program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan telah memberikan dampak positif dan relevan bagi masyarakat. Oleh karena itu, disarankan agar PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang melanjutkan dan memperkuat program-program pengembangan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan kemiskinan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







.png?updatedAt=1704683575756)






