Kualitas pelayanan publik bidang perizinan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu Provinsi Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.55904/histeria.v2i1.285Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Bidang Perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Pintu Provinsi Sumatera UtaraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Perizinan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan presisi 10%, dengan tingkat kepercayaan 90%, dari jumlah populasi sebesar 500 pemohon perizinan, maka yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah sample acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan daftar pertanyaan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Uji Regresi Linier Berganda , dan uji hipotesis Uji Ftest dan R2 dan Uji parsial (Uji t-test). Hasil penelitian pengujia secara Parsial (Uji T) kehandalan (X1), bentuk fisik (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5), keseluruhan berpengaruh nyata terhadap Kepuasan Masyarakat (Y), pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.