TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 - 6 TAHUN (DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK)

Authors

  • Bela Janare Putra Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36

Keywords:

Perkembangan, sosial emosional, anak

Abstract

Anak-anak memiliki beberapa aspek perkembangan, salah satunya adalah aspek sosial-emosional. Meski sosial dan emosional adalah dua kata yang memiliki makna yang berbeda, tetapi sebenarnya aspek sosial emosional ini tidak dapat dipisahkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji beberapa teori mengenai perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan studi literatur. Dari hasil kajian beberapa literatur mengungkapkan bahwa teori hierarki menunjukkan bahwa kebutuhan dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan lainnya. Kemudian perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun dipengaruhi oleh orang-orang yang berinteraksi dengannya baik itu orang tua, pendidik, saudara, teman sebaya dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2022-01-30