STRATEGI HUMAS ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
DOI:
https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.37Keywords:
Administrasi Kependudukan; Humas Online; Informasi; Pelayanan; StrategiAbstract
Saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Garut yang belum memiliki dokumen kependudukan dan belum mengetahui pentingnya administrasi kependudukan bagi pembangunan, sehingga hal tersebut mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyebarkan informasi melalui humas online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan program, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi program yang dilakukan humas online dalam menyebarkan informasi administrasi kependudukan. Digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program yang dilakukan humas online sudah meliputi semua tahapan perencanaan yang meliputi analisis situasi, penetapan tujuan, penentuan khalayak, pemilihan media dan penentuan anggaran. Dalam pelaksanaan komunikasi, sosialisasi administrasi kependudukan dilaksanakan secara sistematis mulai dari penentuan komunikator, merencanakan pesan yang akan disampaikan sampai dengan pengaturan tampilan dalam media. Dari hasil evaluasi didapatkan respon masyarakat cukup baik terlihat dari terjadinya peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el di tiap kecamatan, hingga akhir Oktober 2021 yang sudah melakukan perekaman data sebanyak 96,47% atau 171.160 jiwa dari kuota yang diberikan pusat sebesar 173.819 jiwa.