Pengaruh sosial media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui brand trust pada pengguna marketplace bukalapak

Main Article Content

Wachjuni Wachjuni
E. Najmuddin E. Najmuddin
Sudarto Sudarto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek pada pengguna pasar bukalapak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pengguna pasar bukalapak. Sampel penelitian ini berjumlah 150 partisipan yang berbelanja di bukalapak. Teknik pengambilan sampel secara acak menggunakan metode non-probability sampling.kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Skala masalah yang digunakan antara 1 sampai 7. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur yang didukung software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (2) Citra merek berpengaruh positif dan kuat terhadap kepercayaan. (3) Pemasaran media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Citra tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (6) Kepercayaan merek dapat mempengaruhi dampak pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian. (7) Kepercayaan merek dapat memediasi pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Wachjuni, W., E. Najmuddin, E. N., & Sudarto, S. (2024). Pengaruh sosial media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui brand trust pada pengguna marketplace bukalapak. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.55904/cocreation.v3i1.1216
Section
Articles