Etika bisnis dalam perspektif Islam: Implikasi untuk praktek kontemporer

Main Article Content

Dian Puji Kristiani
Fitria Reni
Lala Nurlaila
Milana Abdillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip etika bisnis dalam Islam, implikasi penerapan etika bisnis Islam dalam praktik kontemporer, dan perbandingan antara etika bisnis Islam dan etika bisnis konvensional. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian pustaka atau tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perspektif Islam, etika bisnis membentuk fondasi fundamental yang mempengaruhi setiap aspek operasional perusahaan dan interaksi dengan pemangku kepentingan. Berdasarkan prinsip-prinsip inti seperti keadilan (al‘adl), kejujuran (sidq), amanah (trustworthiness), dan tanggung jawab sosial (mas'uliyyah), etika bisnis Islam menekankan pelaksanaan bisnis dengan moralitas dan integritas yang tinggi. Etika bisnis dalam perspektif Islam memainkan peran penting dalam memastikan praktik bisnis yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Etika bisnis Islam tidak hanya berfokus pada keuntungan ekonomi tetapi juga pada keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat. Islam menekankan pentingnya keadilan, kejujuran, kepercayaan, dan tanggung jawab sosial dalam setiap transaksi bisnis. Dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam memberikan panduan yang komprehensif untuk melaksanakan praktik bisnis yang etis dan bertanggung jawab sesuai dengan ajaran Islam.

Article Details

How to Cite
Kristiani, D. P., Reni, F., Nurlaila, L., & Abdillah, M. (2024). Etika bisnis dalam perspektif Islam: Implikasi untuk praktek kontemporer. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 66–75. https://doi.org/10.55904/cocreation.v3i2.1239
Section
Articles

References

A’yun, Q. A. N., Chusma, N. M., Putri, C. N. A., & Latifah, F. N. (2021). Implementasi etika bisnis islam dalam transaksi jual beli online pada ez-commerce Popular di indonesia. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 166–181.

Aisyah, S. F. (2024). Etika bisnis islam: Implementasi prinsip keadilan dan tanggung jawab dalam ekonomi syariah. El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 49–61. https://doi.org/10.24252/el-iqthisady.vi.46740

Alwa, B., & Priansa, D. . (2024). Manajemen bisnis syariah. Bandung : Afabeta.

Ambarsari, N., & Prasetiyo, L. (2022). Perilaku pedagang di pasar wisata plaosan dalam perspektif etika bisnis islam. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 121–138. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.732

Andarwati, T., Hidayah, W. R., & Hasanah, N. (2023). Mengintregasikan etika bisnis islam pada manajemen perusahaan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 24–32. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1012

Anggraeny, G. (2017). Pembelajaran dan implementasi etika bisnis islam: studi pada mahasiswa akuntansi syariah IAIN Surakarta. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1031

Arafah, M. (2019). Sistem keuangan Islam: Sebuah telaah teoritis. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 1(1). https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/alkharaj/article/view/801

Arifin, I., & Yahya, M. F. (2023). Etika bisnis dalam islam, tanggung jawab, dan keberkahan ekonomi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 349–356. https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.753

Astuti, A. R. T. (2022). Etika bisnis Islam (Kasus-kasus kontemporer). IAIN Parepare Nusantara Press. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5191/

Dahruji, D., & Permata, A. R. E. (2017). Etika bisnis dalam perspektif ekonomi islam: Tinjauan teoritik dan empiris di Indonesia. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21107/dinar.v4i1.5063

Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan etika bermedia (kajian etika komunikasi netizen di media sosial instagram dalam perspektif islam). Research Fair Unisri, 3(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2574

Farhan, M. (2018). Formulasi kode etik pendidik dalam perspektif pendidikan islam. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 85–96. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2424

Hamdiah, V., & Arif, M. (2023). Pemikiran ekonomi islam pada era kontemporer muhammad abdul manan. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 5(03), 77–87. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/1008

Herzeqovina, B. (2020). Konsep manajemen bisnis islam dalam pandangan islam berdasarkan al-qur’an dan hadits. Jurnal Al-Fatih, 3(1), 139–154. https://doi.org/10.30821/alfatih.v3i1.80

Khotimah, K. (2017). Implementasi prinsip-prinsip etika bisnis islam di aflah bakery yogyakarta. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25958/

Kuncoro, P. S. (2020). Implementasi etika bisnis islam: Bisnis halal yang bertanggung jawab. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 198–214. https://doi.org/10.51339/iqtis.v2i2.203

Marpaung, S. F., Azizi, A. R., Hasibuan, L. H., Padang, R., & Andriani, S. (2023). Prinsip-prinsip etika manajemen bisnis di dalam prespektif islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7870–7880. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/902

Muthmainnah, M., & Nursyamsu, N. (2017). Landasan hukum islam: etika bisnis syariah dan faktor pengembangannya. Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32520/.v5i1.138

Nabbila, F. L., & Syakur, A. (2023). Prespektif ayat al-qur’an dalam etika bisnis islam kontemporer. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 199–206. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jebaku/article/view/1940

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian kepustakaan (Library research) modul pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.37489

Rahmawati, S. (2017). Islam dan adat: Tradisi kalosara dalam penyelesaian hukum keluarga pada masyarakat tolaki di konawe selatan. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50114

Rosmayati, S. (2023). Relevansi etika aristoteles dalam etika bisnis kontemporer. EKBIS (Ekonomi & Bisnis), 11(2), 75–85. https://pdfs.semanticscholar.org/4028/

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Syafiq, A. (2019). Penerapan etika bisnis terhadap kepuasan konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54

Wahid, A., Janwari, Y., & Jubaedah, D. (2023). Mazhab dan pemikiran ekonomi islam kontemporer. Rayah Al-Islam, 7(3), 804–825. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.780

Wahyuni, D. (2019). Etika bisnis dalam perspektif alquran: Menggali nilai ideal moral sebagai upaya kontekstual-universal. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 4(2), 256–271. https://doi.org/10.25217/jf.v4i2.620

ZA, T. A. (2024). Etika transaksi bisnis perspektif islam (Penerapan di lembaga keuangan syari’ah). ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v6i1.532