Pengaruh price perception, product quality, dan promotion di industri plastik berbasis produk rumah tangga yang sustainable terhadap sustainable purchase intention pada platform Shopee

Main Article Content

Jeffry Louis
Alex Maulana Muqarrabin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh price perception, product quality dan promotion di industri plastik berbasis produk rumah tangga yang sustainable terhadap sustainable purchase intention pada platform Shopee. Dalam penelitian ini, 400 konsumen plastik rumah tangga Shopee disurvei menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Dalam penelitian ini menunjukkan sebuah hasil bahwa price perception, product quality dan promotion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sustainable purchase intention. Persepsi konsumen terhadap harga yang murah dan terjangkau, kualitas produk yang kokoh dan baik, dan juga promosi yang menarik bagi konsumennya pada platform Shopee dapat mendorong minat beli konsumen yang berkelanjutan pada produk plastik yang ramah lingkungan. Implementasi yang mampu dilakukan melalui penelitian ini yaitu perlunya strategi pemasaran yang komprehensif, dan berfokus pada penetapan harga yang mampu bersaing dengan pasar, peningkatan kualitas produk yang lebih baik dari kompetitor, serta aktivitas promosi yang efektif di platform e-commerce Shopee untuk meningkatkan sustainable purchase intention konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku UMKM di industri plastik rumah tangga yang ramah lingkungan dalam menentukan dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dan mampu meningkatkan sustainable purchase intention konsumen di era digital.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh price perception, product quality, dan promotion di industri plastik berbasis produk rumah tangga yang sustainable terhadap sustainable purchase intention pada platform Shopee. (2025). Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 3(4). https://doi.org/10.55904/cocreation.v3i4.1393

References

Ananda, D. H., Yusnita, R. T., & Lestari, S. P. (2022). Analysis Of Product Design And Product Quality To Purchase Decisions. Journal of Indonesian Management, 2(3). https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.973

Andi, D. (2024). Impor Plastik Merajalela, Produsen Lokal Kelimpungan. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/impor-plastik-merajalela-produsen-lokal-kelimpungan

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia 2022.

Cahaya, Y. F., Siswanti, I., Putra, Y. M., & Pattiwael, A. C. (2023). Contributions to Customer Satisfaction from Product Quality, Promotion and Price. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 06(06). https://doi.org/10.47191/jefms/v6-i6-02

Cooper, D. R., & Schindler, P. (2014). Business research methods (12th ed.). Mcgraw-hill.

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Fachruroji, T. M., & Padmalia, M. (2023). Pengaruh Price Perception, Sales Promotion Dan Product Quality Terhadap Impulse Buying Skincare Product Konsumen Pengguna E - Commerce Shopee Generasi Z Dengan Shopping Lifestyle Sebagai Mediasi. Performa, 8(6), 632–655. https://doi.org/10.37715/jp.v8i6.3771

Garvin, D. A. (1984). What Does―Product Quality Really Mean. Sloan Management Review, 26(1), 25–43.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan penerbit - Undip.

Hazrati Havidz, H. B., & Mahaputra, M. R. (2020). Brand Image and Purchasing Decision: Analysis of Price Perception and Promotion (Literature Review of Marketing Management). Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(4), 727–741. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i4.576

Hermiyenti, S., & Wardi, Y. (2019). A Literature Review on The Influence of Promotion, Price and Brand Image to Purchase Decision. Proceedings of the 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018). https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.34

INAPLAS. (2022). Industri Plastik Indonesia 2021.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

Ningsih, D. N., Hidayat, C. W., & Rusno, R. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word of Mouth. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i1.4464

Nugraha, R., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Bir Bintang di Soloraya. Jurnal Manajemen, 11(1), 76–86.

Peter, P. J., & Olson, J. . (2000). Consumer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujerweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Pustaka Baru.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran edisi 3. In Andi Offset. Andi Offset.