Pengaruh FOMO terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi ekonomi syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Main Article Content

Sabrina Zahroh
Sulistiya Puji Astuti
Lia Fatra Nur Laili Kamalin
Ummu Kholil Prawesti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. FOMO adalah fenomena psikologis berupa rasa takut tertinggal informasi atau tren, yang marak di era media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner daring kepada 35 mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa tingkat FOMO mahasiswa tergolong normal, namun tetap berkontribusi pada perilaku konsumtif, seperti sulit membedakan kebutuhan dan keinginan serta kecenderungan mengabaikan anggaran. Sebanyak 42,9% responden menyatakan FOMO memengaruhi keputusan konsumsi mereka, dan 20% pernah mengorbankan anggaran untuk mengikuti tren. Mayoritas mahasiswa (82,8%) menyadari pentingnya edukasi mengenai FOMO. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun tidak ekstrem, FOMO berdampak nyata terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Oleh karena itu, edukasi literasi digital dan manajemen keuangan diperlukan guna membentuk perilaku konsumsi yang sehat dan rasional di kalangan generasi muda.

Article Details

Section

Articles

Author Biography

Ummu Kholil Prawesti, UIN KH. Abdurrrahman Wahid Pekalongan

 

How to Cite

Pengaruh FOMO terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi ekonomi syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. (2025). Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.55904/cocreation.v4i1.1508

References

Apolo, M., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar KPOP Remaja Akhir Produk Merchandise KPOP. Journal Of Science Research, 3, 43847–43858.

Ayu, N. P., Safitri, D., & Sujarwo. (2025). Hubungan Sindrom Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.61404/jimi.v3i2.375

Estu Pramudita, D. N. M. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Marketing Effect, Modernitas Individu dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(4), 315–339. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i4.4422

Fadhilah, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Business & Applied Management, 16(2), 141. https://doi.org/10.30813/jbam.v16i2.4293

Fauziah, N. (2024). Tantangan Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan Karena Fenomena FOMO. Kumparan. https://kumparan.com/nela-fauziah/tantangan-mahasiswa-dalam-mengelola-keuangan-karena-fenomena-fomo-23hezhbZbsb/1

Hatimatunnisani, H., Sandi Aryanti, S., Pancawati, K., Eri Sutrisno, K., & Hermawan, W. (2024). Pengaruh Media Sosial dan FOMO Finansial terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN (EKO-BISMA), 3(2), 313–320. https://doi.org/10.58268/eb.v3i2.122

Jangkar, V. Y. (2024). Hubungan antara fear of missing out (FOMO) dengan perilaku konsumtif mahasiswa prodi bimbingan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Nusa Cendana. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.35508/jbkf.v3i1.17808

Khoirunnisa, R. A., & Purnamasari, P. E. (2024). Literasi Keuangan Memoderasi Hubungan FoMO, Love of Money, dan Self Control terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal E-Bis, 8(2), 724–739. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1801

Mardiah, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93. https://doi.org/10.24014/jiq.v13i2.4391

Muna, N. A., & Aenurofik. (2022). Pengaruh Digitalisasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup Generasi Z (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Jurnal Sahmiyya, 2(1), 143–149.

Nasution, R. S., Sugianto, S., & Dharma, B. (2023). Perilaku Fear Of Missing Out (FOMO) Dalam Konsumsi Di Kalangan Mahasiswa FEBI UINSU Ditinjau Dalam Prespektif Maslahah. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1997–2006. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i2.6819

Rahmat, A., Rhesa, M., Mahyuddin, R., Hamid, M. W., Rahmasari, N., & Khairunnisa, Z. (2024). Efektivitas Psikoedukasi Dalam Mencegah Perilaku Konsumtif Dan Mendorong Motivasi Menabung Pelajar SMA Di Pangkep. KREASI: Jurnal Kreativitas Dan Inovasi, 2(2), 1–10. https://ojs.unm.ac.id/kreasi/article/view/63326

Safitri, A. F., & Rinaldi, R. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pembeli Barang Diskon Aplikasi Shopee. Ahkam, 2(4), 727–737. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i4.1987

Suherman, M. S. L. (2025). Pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) dan Gaya Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mutiarasalsalailasuherman5049/67b4265134777c2cdb1a7e72/pengaruh-fomo-fear-of-missing-out-dan-gaya-hedonisme-terhadap-pengelolaan-keuangan-mahasiswa-manajemen-digitech-university-angkatan-2024

Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). Fear of Missing Out Dan Hedonisme Pada Perilaku Konsumtif Millennials: Peran Mediasi Subjective Norm Dan Attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 156–175. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2887