Peran kepemimpinan dalam mewujudkan organisasi yang efektif dan harmonis

Main Article Content

Fauziyah Widya Musthika
Putri Mutiara Sari
Purwadhi
Yani

Abstract

Kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan suatu organisasi berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali teori-teori utama tentang kepemimpinan, seperti teori sifat, teori perilaku, teori situasional, teori transformasional, serta teori kepemimpinan kharismatik dan neokharismatik. Penelitian ini menggunakan metodologi studi pustaka. Banyak sumber yang dipakai seperti buku, jurnal, dan sumber terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa seorang pemimpin berfungsi sebagai pengambil keputusan, agen perubahan, dan pemberi umpan balik yang membangun. Gaya kepemimpinan yang dipilih akan mempengaruhi perilaku dan sikap bawahan serta keberhasilan organisasi secara keseluruhan. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kepribadian, pengalaman, motivasi, dan kemampuan interaksi sosial pemimpin. Dapat disimpulkan bahwa melalui interaksi yang harmonis dan pendekatan yang manusiawi, tujuan organisasi dapat dicapai dengan optimal.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Peran kepemimpinan dalam mewujudkan organisasi yang efektif dan harmonis. (2025). Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 62-69. https://doi.org/10.55904/cocreation.v4i1.1514

References

Alayida, N. F., Aisyah, T., Deliana, R., & Diva, K. (2023). Pengaruh Digitalisasi Di Era 4.0 Terhadap Para Tenaga Kerja Di Bidang Logistik. Jurnal Economina, 2(1), 254–268. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.286

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104

Chumaidah, S., Hariyadi, A., & Utomo, S. (2023). Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Visioner. Equity In Education Journal, 5(1), 88–95. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/8250

Dari, S. W., Putra, V. P., Hasri, S., & Sohiron, S. (2023). Dinamika Kepemimpinan dalam Organisasi: Sebuah Analisis Komprehensif Mengenai Tipologi, Gaya, dan Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Keberlanjutan Organisasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 935–946. https://doi.org/10.58230/27454312.333

Hanafie Das, S. W., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru. UNSPECIFIED. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2434/

Liana, Y. (2020). Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen. Jurnal Manajerial, 7(01), 86–100. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v7i01.1311

Lumban, G. N. T. (2020). Teori Kepemimpinan : Kajian Dari Genetika. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 158–173.

Mujiati, N. W. (2017). Karakteristik Para Pemimpin Yang Diidolakan Masa Kini Dan Masa Depan Pada Organisasi. Forum Manajemen, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.61938/fm.v15i2.164

Mulyana, A. R., Sobandi, A., & Santoso, B. (2023). Literatur Review Kepemimpinan Etis. 7(2), 983–991. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1219

Mundiri, A., & Bariroh, A. (2019). Transformasi Representasi Identitas Kepemimpinan Kyai dalam Hubungan Atasan dan Bawahan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 234–255. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/2411/0

Ramadani, T. F., Ahmad, A., Marcellah, A., & Muktamar, A. (2024). Eksplorasi konsep dan model kepemimpinan dalam manajemen strategik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 243–264. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.135

Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif di sekolah dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Saleh, A. S., US, K. A., & Kamal, M. (2019). Kompetensi Pemimpin Membangun Ruh Al-Jamaâ€TM ah Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 116–143. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.136

Santoso, C. B. (2019). Exploration of Asia Leadership Theory: Looking for an Asian Role in the Field of Leadership Theory. Journal of Leadership in Organizations, 1(1), 67–78. https://doi.org/10.22146/jlo.44599

Saputra, W. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Keterlibatan Karyawan. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(4), 1559–1567. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i4.1662

Sari, I. S. J. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 26–37. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.934

Sari, I. W., & Imsar, I. (2023). Implementasi Budaya Perusahaan Berbasis Core Values Akhlak Terhadap Produktivitas Pegawai PT KAI (Persero) UPT Balai Yasa Pulubrayan. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 15(2), 167–182. https://doi.org/10.47768//gema.v15.n2.202306

Syadzili, M. F. R. (2018). Model kepemimpinan dan pengembangan potensi pemimpin pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.54

Ummah, M. S. (2019). Pentingnya kepemimpinan dalam organisasi. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.55606/srj-yappi.v2i6.1631

Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya Kepemimpinan dan Karekteristik Pemimpin yang Efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783