Peran kepemimpinan dalam mewujudkan organisasi yang efektif dan harmonis
Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan suatu organisasi berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali teori-teori utama tentang kepemimpinan, seperti teori sifat, teori perilaku, teori situasional, teori transformasional, serta teori kepemimpinan kharismatik dan neokharismatik. Penelitian ini menggunakan metodologi studi pustaka. Banyak sumber yang dipakai seperti buku, jurnal, dan sumber terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa seorang pemimpin berfungsi sebagai pengambil keputusan, agen perubahan, dan pemberi umpan balik yang membangun. Gaya kepemimpinan yang dipilih akan mempengaruhi perilaku dan sikap bawahan serta keberhasilan organisasi secara keseluruhan. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kepribadian, pengalaman, motivasi, dan kemampuan interaksi sosial pemimpin. Dapat disimpulkan bahwa melalui interaksi yang harmonis dan pendekatan yang manusiawi, tujuan organisasi dapat dicapai dengan optimal.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
References
Alayida, N. F., Aisyah, T., Deliana, R., & Diva, K. (2023). Pengaruh Digitalisasi Di Era 4.0 Terhadap Para Tenaga Kerja Di Bidang Logistik. Jurnal Economina, 2(1), 254–268. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.286
Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Chumaidah, S., Hariyadi, A., & Utomo, S. (2023). Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Visioner. Equity In Education Journal, 5(1), 88–95. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/8250
Dari, S. W., Putra, V. P., Hasri, S., & Sohiron, S. (2023). Dinamika Kepemimpinan dalam Organisasi: Sebuah Analisis Komprehensif Mengenai Tipologi, Gaya, dan Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Keberlanjutan Organisasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 935–946. https://doi.org/10.58230/27454312.333
Hanafie Das, S. W., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru. UNSPECIFIED. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2434/
Liana, Y. (2020). Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen. Jurnal Manajerial, 7(01), 86–100. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v7i01.1311
Lumban, G. N. T. (2020). Teori Kepemimpinan : Kajian Dari Genetika. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 158–173.
Mujiati, N. W. (2017). Karakteristik Para Pemimpin Yang Diidolakan Masa Kini Dan Masa Depan Pada Organisasi. Forum Manajemen, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.61938/fm.v15i2.164
Mulyana, A. R., Sobandi, A., & Santoso, B. (2023). Literatur Review Kepemimpinan Etis. 7(2), 983–991. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1219
Mundiri, A., & Bariroh, A. (2019). Transformasi Representasi Identitas Kepemimpinan Kyai dalam Hubungan Atasan dan Bawahan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 234–255. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/2411/0
Ramadani, T. F., Ahmad, A., Marcellah, A., & Muktamar, A. (2024). Eksplorasi konsep dan model kepemimpinan dalam manajemen strategik. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 243–264. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.135
Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif di sekolah dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129
Saleh, A. S., US, K. A., & Kamal, M. (2019). Kompetensi Pemimpin Membangun Ruh Al-Jamaâ€TM ah Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 116–143. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.136
Santoso, C. B. (2019). Exploration of Asia Leadership Theory: Looking for an Asian Role in the Field of Leadership Theory. Journal of Leadership in Organizations, 1(1), 67–78. https://doi.org/10.22146/jlo.44599
Saputra, W. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Keterlibatan Karyawan. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(4), 1559–1567. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i4.1662
Sari, I. S. J. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 26–37. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.934
Sari, I. W., & Imsar, I. (2023). Implementasi Budaya Perusahaan Berbasis Core Values Akhlak Terhadap Produktivitas Pegawai PT KAI (Persero) UPT Balai Yasa Pulubrayan. GEMA: Journal of Gentiaras Management and Accounting, 15(2), 167–182. https://doi.org/10.47768//gema.v15.n2.202306
Syadzili, M. F. R. (2018). Model kepemimpinan dan pengembangan potensi pemimpin pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.54
Ummah, M. S. (2019). Pentingnya kepemimpinan dalam organisasi. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.55606/srj-yappi.v2i6.1631
Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya Kepemimpinan dan Karekteristik Pemimpin yang Efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783