Kajian Social Return On Investment (SROI) pada program Revitalizing Environment and Agro-Tourism Program (REAP), PT Ganda Alam Makmur (GAM)

Main Article Content

Alek Al Hadi
Abdul Kholek
Ginanjar Hari Slameto
Bayu Setiawan
Geovani Ayu Astuti

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur nilai dampak investasi program yang telah direalisasikan oleh PT Ganda Alam Makmur sebagai salah satu kewajiban perusahaan yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). Lokasi Kajian ini dilakukan pada daerah yang masuk dalam ring PT Ganda Alam Makmur. Selanjutnya pelaksanaan kajian perhitungan Social Return on Investment (SROI) ini menggunakan metode penelitian mix methode yaitu pendekatan penelitian yang mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data teknik yang dilakukan adalah observasi, wawancara mendalam, dan FGD. PT Ganda Alam Makmur (GAM) melakukan Program Revitalizing Environment and Agro-Tourism Program (REAP) yang menghasilkan banyaknya penerima manfaat yang mengalami perubahan. Pada periode 2025 evaluasi manfaat yang diterima oleh stakeholder cukup tinggi. Program REAP memiliki nilai SROI sebesar 4.43 artinya dari 1.00 Rupiah menghasilkan impact sebesar 4.43 rupiah. Hasil tersebut memberikan nilai positif dan bermanfaat tetapi masih perlu ditingkatkan kedepannya. Dari total investasi sebesar Rp. 866.569.000, maka PT Ganda Alam Makmur telah menghasilkan Rp. 3.840.513,333 total impact yang artinya perubahan yang dirasakan oleh penerima manfaat mencapai empat kali lipat dalam jangka waktu satu tahun.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Kajian Social Return On Investment (SROI) pada program Revitalizing Environment and Agro-Tourism Program (REAP), PT Ganda Alam Makmur (GAM). (2025). Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 46-61. https://doi.org/10.55904/cocreation.v4i1.1553

References

Anam, A. K., Arifin, M., Mahaputra, W., & Ilham, A. (2023). Inovasi Sosial Tubanan Agrocyrcleforestry: Sebuah Studi Menggunakan Metode Social Return On Investment (SROI). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(2), 268–280.

Anugrah, Y. R., & Dianawati, W. (2020). Corporate social responsibility (CSR) disclosure, earnings response coefficient (ERC), and the chance to grow. Cuadernos de Economía, 43(123), 382–390.

Cahya, B. T. (2014). Transformasi konsep corporate social responsibility (CSR). Iqtishadia, 7(2), 203–222.

Dasra Viana, E., Ratna Dewi, F., Mutasowifin, A., Tri Listirta, R., & Afrida Pebriana, L. (2024). Analisis Social Return on Investment (SROI) Program CSR Pemanfaatan Limbah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PT PLN Nusantara Power UP Pacitan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 15(2), 202–213. https://doi.org/10.29244/jmo.v15i2.56336

Eddyono, F. (2023). Kebijakan dan Perencanaan Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ekawati, R., Prasetyo, A. D., & Farrah, F. (2024). Kajian SROI Program Peduli Pasien TBC CSR PT Smelting Gresik. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 1236–1247.

Fisher, L. A., Kim, Y.-S., Latifah, S., & Mukarom, M. (2017). Managing forest conflicts: perspectives of Indonesia’s forest management unit directors. Forest and Society, 1(1), 8–26.

Gunawan, R. M. B. (2021). GRC (Good Governance, Risk Management, And Compliance)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Husadawan, M. M. I. (2024). Strategi penataan lahan pasca tambang Sebagai Kawasan Agrowisata di Ngargoyoso Karanganyar. Senthong Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur, 7(2), 472–479.

Imanah, A. F., Yuliani, E., & Puspitasari, A. Y. (2019). Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pariwisata di Agrowisata Jollong. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Engineering.

Mayasari, K., & Ramdhan, T. (2013). Strategi pengembangan Agrowisata perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan, 3(1), 21–28.

Priliani, A. P., Moerdjoko, S., & Hendrawan, D. I. (2022). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Pt. Ganda Alam Makmur. Jurnal Bhuwana, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.25105/bhuwana.v2i1.14458

Rusdin. (2016). Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure and the Implications of Earning Response Coefficient (ERC). AdBispreneur, 1.

Santoso, M. B., Raharjo, S. T., Apsari, N. C., & Whibawa, B. (2018). Identifikasi Keterlibatan Stakeholder Dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR). Disampaikan Pada Padjadjaran Earth Dialogues: International Symposium on Geophysical Issues, 4.

Soesilowati, E., Indriyanti, D. R., & Widiyanto, W. (2011). Model Corporate Social Responsibility Dalam Program Pemberdayaan Petani Hortikultura. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 102–117.

Wijaya, O., Susanto, D. A., Rozaki, Z., & Nurhidayati, A. P. (2021). Dampak Investasi Sosial Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Pengembangan Agribisnis Jamur dengan Pendekatan Social Return On Investment (SROI). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(4), 1270–1279.