Strategi media sosial dalam mendukung promosi kampanye ‘10 to 10’ Timezone

Main Article Content

Sukmawati Sukmawati
Endah Tantiningtyas

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan strategis media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan pelanggan, dan konversi dalam mendukung kampanye promosi “10 to 10” oleh Timezone Indonesia yang merupakan sebuah merek pusat hiburan keluarga. Di era digital, media sosial tidak hanya menjadi alat promosi, tetapi juga saluran utama untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana media sosial dimanfaatkan untuk menciptakan urgensi, keterlibatan, dan aksi dari pengguna selama kampanye berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif kualitatif dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Share). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian divalidasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Timezone Indonesia berhasil memanfaatkan Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business untuk mendorong interaksi, menyebarkan informasi, dan memperkuat citra merek selama kampanye “10 to 10”. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya integrasi strategi konten yang sesuai dengan karakteristik platform dan pelibatan pengguna untuk mendorong keterlibatan dan konversi. Penelitian ini merekomendasikan agar kampanye mendatang mengedepankan sinergi antar-platform dan konten berbasis komunitas untuk mengoptimalkan hasil jangka pendek sekaligus membangun hubungan merek jangka panjang.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Strategi media sosial dalam mendukung promosi kampanye ‘10 to 10’ Timezone. (2025). Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 178-185. https://doi.org/10.55904/cocreation.v4i1.1555

References

Ade, Anindya Dala, Mohamad Rizan, and Ika Febrilia. 2024. “Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Media Sosial Terhadap Citra Merek, Loyalitas Merek, Dan Niat Beli Ulang Pada Social Commerce Tiktok Shop.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekomoni & Perbankan Syariah 9(4). doi: https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23496.

Akbar, Muhammad, Alem Febri Sonni, S. Suhasman, Siti Rabiatul Adawiyah, and Yusmanizar Ib Herald. 2023. “Correlation between Social Media Utilization and the Young Generation’s Online Shopping Behavior in Eastern Indonesia.” Studies in Media and Communication 11(7):1–13. doi: 10.11114/smc.v11i7.6223.

Alexandrescu, Mihai-Bogdan, and Marius Milandru. 2018. “Promotion as a Form of Communication of the Marketing Strategy.” Land Forces Academy Review 23(4):268–74. doi: 10.2478/raft-2018-0033.

Chaffey, Dave. 2025. “Global Social Media Statistics Research Summary.” Smart Insight, January 2.

Dima, Niken, and Jojok Dwiridotjahjono. 2022. “Strategi Promosi Melalui ‘Media Sosial Instagram’ Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 5(3):356. doi: 10.32493/jpkpk.v5i3.20358.

Dwivedi, Yogesh K., Elvira Ismagilova, D. Laurie Hughes, Jamie Carlson, Raffaele Filieri, Jenna Jacobson, Varsha Jain, Heikki Karjaluoto, Hajer Kefi, Anjala S. Krishen, Vikram Kumar, Mohammad M. Rahman, Ramakrishnan Raman, Philipp A. Rauschnabel, Jennifer Rowley, Jari Salo, Gina A. Tran, and Yichuan Wang. 2021. “Setting the Future of Digital and Social Media Marketing Research: Perspectives and Research Propositions.” International Journal of Information Management 59(3):102168. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168.

Halid, Nur Farrah Mohammad, Nur Akmal Ahmad Tajuddin, Zahidatun Najah Md Abas, and Yuslina Liza Mohd Yusof. 2024. “Investigating the Correlation Among Social Media Marketing, Electronic Word-Of-Mouth, Celebrity Endorsements, and Consumer’s Purchase Intention of Cosmetic Products.” Advances in Social Sciences Research Journal 11(2.2):41–53. doi: 10.14738/assrj.112.2.16415.

Hultman, Magnus, Abbie Iveson, and Pejvak Oghazi. 2023. “Talk Less and Listen More? The Effectiveness of Social Media Talking and Listening Tactics on Export Performance.” Journal of Business Research 159. doi: 10.1016/j.jbusres.2023.113751.

Kaban, Roberto, Sri Novida Sari, Muhammad Akmal Naim, and Asprina Br Surbakti. 2022. “Perancangan Game Arcade ‘The Adventures in Maze.’” MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem) 7(1):137–43. doi: 10.54367/means.v7i1.1906.

Karuehni, Ina, Peridawaty, Noorjaya Nahan, Rita Yuanita Toendan, and Hansly Tunjang. 2024. “The Effectiveness of Social Media Marketing in Building Brand Awareness for Startups.” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies 5(4):612–21. doi: 10.62794/je3s.v5i4.4582.

Laradi, Sofiane, Amina Elfekair, Mahmaod Alrawad, Mujtaba Hashim, and Faten Derouez. 2024. “Leveraging Capabilities of Social Media Marketing for Business Success.” Computers in Human Behavior Reports 16. doi: 10.1016/j.chbr.2024.100524.

Maduku, Daniel K. 2024. “Social Media Marketing Assimilation in B2B Firms: An Integrative Framework of Antecedents and Consequences.” Industrial Marketing Management 119:27–42. doi: 10.1016/j.indmarman.2024.04.003.

Ng, Celeste See-Pui. 2017. “The Obstacles in Social Media Engagement: The Need for an Overarching Management Process.” P. 216 in PACIS 2017 Proceedings.

Ningsih, Riska Yulia, Latutik- Mukhlisin, Rakhma Widya Darodjah, and Muhammad Syarifuddin. 2024. “Analisis Teori AISAS Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Akun Instagram @waturumpuk_mendak.” Refleksi: Jurnal Riset Dan Pendidikan 3(1):39–46. doi: 10.25273/refleksi.v3i1.21685.

Prayogo, Ahmat Dedi, Mochammad Isa Anshori, and Nurita Andriani. 2023. “Utilization of Social Media as a Promotional Strategy to Increase Sales.” JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 11(3).

Resmawa, Ira Ningrum, Siti Masruroh, and Sofia Maulida. 2024. “The Effectiveness of Branding Campaigns on Social Media.” Journal of Management 3(2):433–49.

Trifiro, Briana M., and Jennifer Gerson. 2019. “Social Media Usage Patterns: Research Note Regarding the Lack of Universal Validated Measures for Active and Passive Use.” Social Media + Society 5(2). doi: 10.1177/2056305119848743.