Analisis SWOT Pada UMKM Donat Glaze

Main Article Content

Dwi Putri Aprillia
Tyna Yunita
Halimatusadi’ah Halimatusadi’ah
Nawang Dwi Anjani

Abstract

Donat Glaze adalah produk menggunakan nilai menjadi pemanis yang cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Produk ini mengandung karbohidrat dengan tepung serta kentang tumbuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strength, Weakness, Opportunities, and Threats (SWOT) pada UMKM Donat Glaze. Metode perencanaan strategis yg digunakan buat mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi dalam suatu proyek atau perjuangan bisnis, atau buat mengevaluasi lini produk yg dimiliki serta bersaing. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan produk ini yaitu tidak memakai bahan pengawet sehingga dijamin sehat, kelemahannya tidak menarik perhatian konsumen karena masih baru, peluangnya yaitu masih jarang penjual donat yang memperhatikan kesehatan dengan tidak memakai pengawet sedangkan ancamannya yaitu kosumen lebih mementingkan harga daripada kualitas yang sehat. Dapat disimpulkan bahwa Donat Glaze memiliki kekuatan dan peluang yang cukup bagus untuk berkembang.

Article Details

How to Cite
Aprillia, D. P. ., Yunita, T. ., Halimatusadi’ah, H., & Anjani, N. D. . (2024). Analisis SWOT Pada UMKM Donat Glaze. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.55904/cocreation.v3i1.846
Section
Articles

References

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Cahyani, I. D., & Isbanah, Y. (2019). Pengaruh struktur kepemilikan, tangebility, firm age, business risk, kebijakan dividen, dan sales growth terhadap struktur modal sektor properti real estate yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 124–132. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25219

Darlin, D., Petrus, P., & Tandi, A. (2021). Strategy analysis of non-formal education service quality at the department of education and culture, mamasa district. Devotion Journal of Community Service, 3(2), 141–148. https://doi.org/10.36418/dev.v3i2.117

Evasari, A. D. (2020). Strategi pemasaran islami dengan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk. Istithmar, 4(1). https://doi.org/10.30762/istithmar.v4i1.3

Hanum, A. N. (2015). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi wirausaha. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/10.26714/vameb.v11i1.1664

Lapod, J. (2016). Analisis Penentuan strategi dalam lingkungan bisnis yang kompetitif studi kasus pada PT. Pelindo IV (Persero). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1), 33–48. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/12350

Lusia, V., Fipiana, W. I., Rohmatika, T., & Arifin, D. (2023). Analisis perencanaan strategi pemasaran Klinik Utama Perisai Husada menggunakan metode SWOT dan quantitative strategic planning matrix. Jurnal Optimalisasi, 9(2), 119–127. http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/8026

Marimin, M., & Sugiman, S. (2016). Pengembangan model pengelolaan desa wisata dengan konsep kewirausahaan sebagai upaya optimalisasi kegiatan masyarakat desa wisata di Kawasan Kenep, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(1), 62–76. https://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/205

Pradana, R. A. N. (2022). Strategi pemasaran merchandise menggunakan metode swot dan ahp untuk meningkatkan volume penjualan produk (Studi kasus umkm UD. Hola Merch) (Thesis). Universitas Islam Sultan Agung. https://repository.unissula.ac.id/27750/

Pratiwi, R. (2018). Strategi pengembangan usaha rengginang pulut dengan metode analisis swot (Studi kasus usaha rengginang pulut cv. Uul jaya di desa kebun lada kecamatan hinai kabupaten langkat) (Thesis). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan. http://repository.uinsu.ac.id/7465/

Sari, E., Meriyati, M., & Aravik, H. (2021). Analisis swot terhadap pembiayaan produk multijasa di PT. Bprs Al-Falah Banyuasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i2.25

Setyawati, E. (2021). Strategi peningkatan omset penjualan pedagang pakaian melalui marketing mix studi pada pasar muntilan, kabupaten magelang. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 55–67. http://ujicoba.stekom.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/344

Suhartanto, D. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kepemilikan publik, perubahan harga saham dan risiko bisnis terhadap manajemen laba pada perusahaan publik sektor keuangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 20(1), 6025.

Widowati, I., Riany, D. A., Andrianto, F., & Suhartini, S. (2022). Analisis swot untuk pengembangan bisnis kuliner (Studi kasus pada UMKM papat sodara food Purwakarta). Jurnal Teknologika, 12(1), 146–156. https://doi.org/10.51132/teknologika.v12i1.161

Wijaya, M. I. H. (2021). Identifikasi kewirausahaan sosial sebagai strategi pendorong pengembangan ekonomi lokal di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 9–16. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i1.105