Analisis pengaturan sudut pengapian dan durasi injeksi terhadap torsi motor bensin 2013 volume 2000 cm3

Main Article Content

M. Bayu Satrio Widjatmiko
Listiyono Listiyono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan dilakukannya kalibrasi atau remapping ECU standar pabrikan terhadap daya dan torsi pada motor bensin 4 silinder 2000 cc. Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah remapping sudut pengapian dan durasi injeksi. Variabel terkontrol pada penelitian ini adalah putaran mesin 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, dan 6000 yang diterapkan pada saat pengujian daya dan torsi. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah Daya dan Torsi. Hasil penelitian diperoleh nilai data daya tertinggi sebesar 124,56 HP dicapai pada rpm 5500 saat menggunakan ECU standar, sedangkan daya tertinggi setelah remapping ECU adalah 128,76 HP dicapai pada rpm 5500, artinya terdapat peningkatan daya sebesar 4,2 HP. Untuk nilai data torsi tertinggi saat menggunakan ECU standar sebesar 173,79 Nm dicapai pada rpm 4000, sedangkan ECU remapping menghasilkan torsi sebesar 178,35 Nm dicapai pada rpm 4000, artinya terdapat peningkatan torsi sebesar 4,56 Nm.

Article Details

How to Cite
Widjatmiko, M. B. S., & Listiyono, L. (2023). Analisis pengaturan sudut pengapian dan durasi injeksi terhadap torsi motor bensin 2013 volume 2000 cm3. Hexatech: Jurnal Ilmiah Teknik, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.55904/hexatech.v2i1.731
Section
Articles