Meta-analisis pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan abad 21 siswa
Main Article Content
Abstract
Kualitas pendidikan Indonesia diharapkan haruslah memenuhi keterampilan abad 21 yang akan menjadi bekal dalam menghadapi tantangan dan tuntutan zaman. Keterampialan tersebut antara lain yaitu keterampilan berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creative), kalaborasi (callaboration) dan komunikasi (comunication) atau biasa disebut dengan keterampilan 4C. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh model problem based learning terhadap ketrampilan abad 21 ditinjau dari jenjang pendidikan, jenis bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari ketrampilan 4C. Melalui meta analisis hasil effect size dengan 3 kategori pengelompokan, memiliki rata-rata nilai 1,72 yang dapat dikategorikan sangat tinggi. Berdasarkan pengelompokan tersebut, dapat diambil kesimpulan yaitu penerapan model problem based learning dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap kertampilan 4C baik pada jenjang pendidikan dan materi.