Meta-analisis pengaruh stem terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa

Main Article Content

Nailul Rahmah Pohan
Ahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pengaruh STEM terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian meta analisis. Subjek dari penelitian ini sebanyak 15 artikel yang sudah terbit pada berbagai jurnal nasional dan jurnal internasional. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yang mengacu pada effect size yang diperoleh, setelah nilai effect size diperoleh maka akan di sesuaikan dengan kategori effect size yang telah dikelompokkan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dalam mencapai sebuah peningkatan pemahaman konsep siswa dan literasi sains siswa dapat dilakukan dengan melalui pendekatan STEM dalam pembelajaran yang sangat berpengaruh dan efektif dalam mencapai peningkatan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM memiliki pengaruh  yang besar terhadap pemahaman konsep siswa dan literasi sains siswa.

Article Details

How to Cite
Pohan, N. R., & Fauzi, A. (2023). Meta-analisis pengaruh stem terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i9.1008
Section
Articles