Perbedaan Alat Permainan Edukatif (APE) lego dengan permainan game terhadap peningkatan motorik halus anak pra sekolah

Main Article Content

Hanik Pramasta Ningrum
Edi Sukamto
Evy Nurachma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan antara APE lego dengan permainan game terhadap peningkatan motorik halus anak prasekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimen, dengan rancangan pre-test and post-test without control group. Sampel terdiri dari 41 anak pra sekolah yang dipilih dengan teknik total sampling di PAUD Anyelir dan TK Tunas Rimba 2 Samarinda pada bulan Mei-Juni 2022 Data yang dianalisis adalah analisa univariat dan bivariate dengan uji Mann Whitney U Test. Terdapat perbedaan rata-rata ranking peningkatan motorik halus yaitu, kelompok intervensi APE Lego sebesar 24,90% lebih tinggi daripada kelompok intervensi Game. Pemberian rangsangan pada anak pra sekolah akan meningkatkan kemampuan motorik halus, stimulasi juga dapat berfungsi sebagai penguat yang bermanfaat bagi perkembangan anak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian stimulus berupa APE Lego terhadap peningkatan motorik halus anak pra sekolah dibandingkan dengan pemberian stimulus berupa Game di PAUD Anyelir dan TK Tunas Rimba 2 Samarinda.

Article Details

How to Cite
Ningrum, H. P., Sukamto, E. ., & Nurachma, E. . (2023). Perbedaan Alat Permainan Edukatif (APE) lego dengan permainan game terhadap peningkatan motorik halus anak pra sekolah. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 525–531. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i8.1030
Section
Articles