Placemaking pasar kreatif melalui transfer pengetahuan di The Hallway Space Pasar Kosambi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transfer pengetahuan placemaking pasar kreatif di The Hallway Space Pasar Kosambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan transfer pengetahuan placemaking pasar kreatif di The Hallway Space Pasar Kosambi telah mampu membentuk ekosistem pasar kreatif sebagai kantong ekonomi kreatif, terutama bagi usaha start up. Pada tahap sosialisasi, founder The Hallway Space sebagai yang memiliki pengetahuan pasar kreatif melakukan transfer pengetahuannya kepada pengelola Pasar Kosambi melalui komunikasi secara langsung. Pada tahap eksternalisasi, pihak pengelola Pasar Kosambi memberikan dukungan dan kendali penuh pada founder The Hallway Space untuk membuat sample placemaking. Pada tahap kombinasi, founder The Hallway Space membuat tim inti yang beranggotakan empat orang untuk mendiskusikan kembali sample toko yang telah dibuat pada tahap eksternalisasi. Tahap internalisasi dalam transfer pengetahuan ini, maka pengetahuan yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan kembali dalam bentuk lain, seperti art showcase, photography, live music, hingga food experience. Dengan demikian, secara keseluruhan kegiatan transfer pengetahuan placemaking dapat membantu para pelaku industri kreatif dalam meningkatkan pengetahuannya dalam berinovasi.