Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal integral tentu dan integral tak tentu
Main Article Content
Abstract
Dalam pengalaman pembelajaran siswa, tidak selalu berjalan sesuai harapan. Terkadang, siswa menghadapi kesulitan belajar atau melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Kesulitan belajar dan kesalahan tersebut dapat diinterpretasikan sebagai kondisi dalam proses pembelajaran yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar, penting untuk mengidentifikasi kesalahan dalam pengerjaan soal integral, baik integral tentu maupun integral tak tentu, agar dapat mencapai pencapaian pembelajaran yang optimal dalam materi kalkulus integral. Penelitiann ini bertujuan untuk mengulas tentang kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas 11 MIA 3 SMA Swasta Cahaya Medan dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus pada materi integral tentu dan integral tak tentu. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal kalkulus terkait integral tentu dan integral tak tentu.