Meta-analysis pengaruh pembelajaran ipa terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik

Main Article Content

Marjuni Marjuni
Usmeldi Usmeldi
Ahmad Fauzi

Abstract





Maksud dari penelitian ini yaitu mencari dampak pelajaran IPA terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Penelitian ini memakai metode survei (meta-analisis) yaitu menganalisis besarnya dampak pembelajaran IPA terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik literature review dengan cara mencari dan mengumpulkan artikel jurnal yang diambil dari Google Scholar. Data dianalisis memakai analisis statistik deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahuit nilai effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai effect size untuk sikap peduli ligkungan peserta didik pada jenjang pendidikan yaitu tingkat SD, tingkat SMP dan tingkat SMA mendapatkan hasil dengan kategori tinggi 2) Nilai effect size untuk model pembelajaran yang digunakan adalah STM dan PBL dengan kategori tinggi 3) Effect size materi pelajaran yang digunakan adalah materi perubahan lingkungan di tingkat SMA dan bahan pencemaran di tingkat SMA pada kategori sangat tinggi dan tinggi.





Article Details

How to Cite
Marjuni, M., Usmeldi, U., & Fauzi, A. (2024). Meta-analysis pengaruh pembelajaran ipa terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i10.1078
Section
Articles