Pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan focus group discussion dengan media whatssapp terhadap pengetahuan asi eksklusif ibu post partum

Main Article Content

Siti Jamiatun Khoiriah
Lukman Nulhakim
Siti Raihanah

Abstract

Data Profil Kesehatan Kalimantan Timur tahun 2020 cakupan bayi yang mendapat ASI Eksklusif masih dibawah target Nasional. Melalui aspek perkembangan teknologi peneliti menggunakan media Whatsapp sebagai sarana melakukan Focus Grop Discussion untuk meningkatkan pengetahuan ASI Eksklusif Ibu Postpartum. Penelitian ini bertujuan dapat menjadi salah satu cara bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pentingnya ASI Ekslusif serta tujuan pemerintah untuk menaikkan angka  cakupan ASI Eksklusif dapat tercapai.  Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental dengan rancangan Pre-Test Post-Test With Control Group, Populasinya yaitu ibu post partum yang berkunjung ke klinik selama bulan mei-juni. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel 36 responden dibagi menjadi 2 kelompok. Teknik analisa data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat  menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.  Didapatkan hasil dari penelitian bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pendidikan kesehatan dengan Pendekatan Focus Group Discussion dengan  media Whatsapp terhadap pengetahuan ASI Eksklusif Ibu Postpartum. Metode diskusi group yang dilakukan secara sistematis memberikan wadah bagi ibu post partum dalam meningkatkan pengetahuan ASI Eksklusif dan responden juga dapat bertanya secara aktif dengan petugas kesehatan yang ada di grup diskusi whatsapp sehingga dapat menghasilkan output peningkatan pengetahuan yang sangat signifikan pada saat Post Test.

Article Details

How to Cite
Khoiriah, S. J., Nulhakim, L. . ., & Raihanah, S. . . (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan focus group discussion dengan media whatssapp terhadap pengetahuan asi eksklusif ibu post partum . Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 569–575. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i8.1110
Section
Articles