Strategi Strategi transformasi perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan dalam meningkatkan minat literasi siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi transformasi perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan dalam meningkatkan minat literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi transformasi perpustakaan Griya Pustaka dijalankan melalui empat tahap manajemen strategis. Pertama, analisis lingkungan dilakukan dengan analisis SWOT dan analisis kebutuhan pemustaka melalui penyebaran angket. Kedua, perumusan strategi dilakukan dengan merumuskan misi, tujuan, dan perencanaan strategi transformasi dalam bentuk studi banding dan pembentukan tim, serta berpedoman pada kebijakan Perpustakaan Nasional. Ketiga, implementasi strategi dilakukan dengan mengadakan program transformasi perpustakaan yang meliputi peningkatan fungsi, fasilitas, dan pustakawan, serta mengatur penganggaran dan prosedur. Keempat, evaluasi dan pengendalian strategi dilakukan melalui metode wawancara langsung dengan pemustaka dan pelaporan kepada pemangku kebijakan sekolah untuk mendapatkan solusi.