Stakeholder engagement dalam departemen principal relations di PT Media Telekomunikasi Mandiri
Main Article Content
Abstract
PT Media Telekomunikasi Mandiri atau yang biasa disebut dengan PT MTM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ICT atau Information and Communications Technology yang menyediakan solusi, fasilitas dan layanan di bidang teknologi informasi dan komunikasi data untuk para customer-nya. Dalam MTM, peran komunikasi eksternal di pegang oleh departemen Product Management & Principal Relations yang memiliki tugas utama untuk menjalin dan mempertahankan hubungan dengan principal guna mendukung kegiatan operasional perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis kegiatan komunikasi eksternal, yaitu Stakeholder Engagement yang diimplementasikan di departemen tersebut menggunakan model Stakeholder Engagement dari buku The Practitioner Handbook on Stakeholder Engagement. Penulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam tulisan ini diperoleh dengan menggunakan sejumlah metode, yaitu observasi dan studi pustaka. Selanjutnya langkah-langkah dalam analisis data terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan Stakeholder Engagement yang diimplementasikan telah sesuai dengan model tersebut. Namun, masih ada beberapa aspek yang memiliki potensi untuk dikembangkan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Rineka Cipta.
Bal, M., Bryde, D., Fearon, D., & Ochieng, E. (2013). Stakeholder engagement: Achieving sustainability in the construction sector. Sustainability, 5(2), 695–710. https://doi.org/10.3390/su5020695
Johnson, M., Redlbacher, F., & Schaltegger, S. (2018). Stakeholder engagement for corporate sustainability: A comparative analysis of B2C and B2B companies. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 25(4), 659–673. https://doi.org/10.1002/csr.1484
Krick, T., Forstater, M., Monaghan, P., & Sillanpää, M. (2008). The stakeholder engagement manual. In The practitioner’s handbook on stakeholder engagement, Accountability, United Nations Environment Programme (2nd ed.). Stakeholder Research Associates Canada Inc.
Mahajani, A. (2016). Stakeholder engagement for a sustainable initiative: A case of a project by ACF focusing on women veterinary care providers in Darlaghat, Himachal Pradesh, India. OIDA International Journal of Sustainable Development, 9(02), 103–114. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2740918
Mikáčová, L., & Gavlaková, P. (2014). The role of public relations in branding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 110, 832–840. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.928
Mulyana, A., Susilawati, E., Fransisca, Y., Arismawati, M., Madrapriya, F., Phety, D. T. O., Putranto, A. H., Fajriyah, E., Kurniawan, R., & Asri, Y. N. (2024). Metode penelitian kuantitatif. Tohar Media.
Nur’azkiya, L., Baga, L. M., & Tinaprilla, N. (2017). Komunikasi bisnis PT Galih Estetika Indonesia dalam meningkatkan kemitraan ubi jalar. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(2). https://doi.org/10.46937/15201722793
PT Media Telekomunikasi Mandiri. (2023). Company profile MTM 2023. PT Media Telekomunikasi Mandiri.
Riyadi, F. (2016). Urgensi manajemen dalam bisnis Islam. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 65–84.
Sedmak, J. (2021). What is stakeholder engagement, and why is it important for strategic planning? SME - Strategy Management Consulting. https://www.smestrategy.net/blog/stakeholder-engagement-management-for-strategic-planning
Sharma, R. (2017). Communication: The lifeline. World Wide Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(9), 259–262. https://wwjmrd.com/archive/2017/9/437/communication-the-lifeline
Sonia, G., Riyanti, D., & Firmansyah, R. (2022). Efektivitas komunikasi bisnis melalui partnership service pada jasa pengiriman LEL Express di Desa Pamekaran. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(3), 223–228. https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.20458
Zagade, S., Dhingra, G., Abirami, M., Saravanan, S., & Gomathy, R. (2022). Business communication. Redshine Publication.
Zein Adin. (2023). Dasar-dasar komunikasi bisnis. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324