Analisa jenis media pada konten tiktok yang menarik calon pembeli properti

Main Article Content

Celine Elysia
Anny Valentina
Agus Danarto

Abstract

Di tahun 2023 tren pasar properti mengalami pergeseran usia konsumen dimana pencari properti didominasi oleh generasi muda. Sebanyak 26,4% pencari properti berumur 25-34 sementara  22,0% merupakan mereka di usia 18-24 tahun. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial TikTok pada kalangan millennial (28 - 43 thn) dan Gen-Z (12 - 27), pemahaman tentang bagaimana jenis media pada konten tiktok yang dapat mempengaruhi perilaku calon pembeli properti menjadi semakin penting. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis  jenis media pada konten tiktok yang menarik calon pembeli property. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui kuesioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten yang disajikan di TikTok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat calon pembeli properti. Konten yang informatif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan calon pembeli cenderung meningkatkan minat mereka untuk membeli properti yang dipromosikan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pemasaran properti dalam merancang strategi konten yang efektif di platform TikTok. Dengan memahami preferensi dan kebutuhan audiensnya, perusahaan properti dapat mengoptimalkan penggunaan TikTok untuk meningkatkan penjualan properti mereka.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Analisa jenis media pada konten tiktok yang menarik calon pembeli properti. (2025). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(4). https://doi.org/10.55904/nautical.v3i4.1225

References

Amalia, L. A., Zulistiani, Z., & Damayanti, S. (2023). Strategi pemasaran melalui Social Media Instagram dan TikTok untuk meningkatkan penjualan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 8, 14–26.

Annur, C. M. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

Aspari, A. (2016). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Masyarakat Modern. Simnasiptek 2016, 1(1), 10–17.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 26–33.

Chandra, E. (2023). Kekuatan Algoritma Dalam Komunikasi Pemasaran Digital Aplikasi Tiktok. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, Dan Ilmu Komunikasi, 7(2).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Ernayani, R., Daengs GS, A., Tarigan, N. P., Lestari, W., & Timotius, E. (2021). Kajian fenomenologi pemasaran digital agen properti melalui medium instagram. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 260–269. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3804

Fitria, Y., & Farida, F. (2018). Strategi Promosi Agen Properti Independen Pada Media Online. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1376

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan media sosial TikTok untuk pemasaran bisnis digital sebagai media promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 291–296. https://doi.org/10.47492/jih.v11i1.1612

Priyono, M. B., & Sari, D. P. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 497–506.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Rob. (2023). Semakin Banyak Anak Muda Ingin Memiliki Rumah. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230121215841-17-407371/semakin-banyak-anak-muda-ingin-memiliki-rumah

Sangadji, F. A. P., Fitri, A. C. S., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Untuk Pengembangan Bisnis Di Era Digital. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 143–149.

Sawitri, N. M. A., & Chusumastuti, D. (2021). Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Masker Kecantikan Yeppeoskin. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 49–60. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.148

Suakanto, S., Christy, A., Engel, V. J. L., & Angela, D. (2019). Pengembangan Sistem Prediksi Harga Pasar Properti Menggunakan Big Data Platform. Jurnal Telematika, 13(1), 19–26. https://doi.org/10.61769/telematika.v13i1.257

Wulan, A., Sampurna, A., Hasibuan, W. H., Fadhali, R. H., Wahyudi, I. D., & Hasibuan, R. L. A. (2024). Peran dan Fungsi Manajemen Tiktok dalam Pengolahan Media Sosial di Era Digital bagi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4801–4807. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13126