Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran
Main Article Content
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap pencapaian akademis siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen satu kelompok yang melibatkan pretest dan posttestPeserta dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP Katolik Padadita, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, yang mengikuti perlakuan menggunakan metode pembelajaran PBL. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari lima pertanyaan esai. Analisis data menggunakan uji independent t-test menunjukkan hasil yang signifikan (p = 0,00 < 0,05), menunjukkan adanya dukungan untuk hipotesis alternatif (H1) dan penolakan terhadap hipotesis nol (H0). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL secara signifikan meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Katolik Padadita, terutama pada topik materi lingkaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Amaludin, L. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar (T. Hidayati (ed.)). Pascal Books.
Aniswita, A., Saputra, Y., & Medika, G. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12589
Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Vii B Smpn 13 Surabaya. 6001, 1–7.
Khasanah, A. N., & Rusijono. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pola Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Taman Pelajar Surabaya. Mimbar Ilmu, 26(2), 243. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). PT Refika Aditama.
Madini, Q. (2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika (S. L. D. Pramesti (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Pamungkas, T. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) (Guepedia/La (ed.); 1st ed.). Guepedia.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155
Rozalia, N. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Madura Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1862: https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1862
Rusliah, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Instruksi Metakognisi (1st ed.). Group Penerbitan CV Budi Utama.
Tukiran, M. (2020). Filsafat Manajemen Pendidikan (L. Indarwati (ed.)). Penerbit PT Kanisius, Cognoscenti Consulting Group.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.420
Widyaningrum, R. (2022). Matematika Berkonteks Islam (Adriyanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Lakeisha.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas vii di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341