Analisis model pembelajaran PAIKEM sebagai upaya membantu kesulitan belajar siswa pada pembelajaran fisika

Main Article Content

Fatma Nazira
Jasmine Isna Prameswari
Siti Arum Mufidah
Anisa Nur Ightasela
Yolana Alfiansyah

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Pendidikan sendiri tidak terlepas dengan namanya pembelajaran dalam mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas. Pembelajaran yang efisien dibutuhkan model pembelajaran dan cara pengajaran yang menyenangkan pula. Oleh karenanya perlu seorang guru untuk bijak dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran dalam mengajarkan kepada siswa terkhusus pada mata pelajaran fisika yang selalu dianggap sulit oleh siswa. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni dengan cara mengumpulkan informasi-informasi dari beberapa sumber yang sudah ada untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil studi literatur, terdapat model pembelajaran yang cukup efektif dan efisien dalam pembelajaran fisika yakni dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Penerapan model pembelajaran PAIKEM akan membantu pengajaran menjadi lebih aktif dan mendorong kreativitas dan inovasi siswa dalam belajar. Selain itu, model pembelajaran ini juga dapat disesuaikan dengan gaya belajar dari masing-masing siswa sehingga penyampaian materi semakin mudah diterima dan siswa tidak merasa bosan selama kegiatan pembelajaran.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Analisis model pembelajaran PAIKEM sebagai upaya membantu kesulitan belajar siswa pada pembelajaran fisika. (2025). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 4(1), 30-36. https://doi.org/10.55904/nautical.v4i1.1272

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna (ed.); Cetakan 1, Issue 112). CV. Syakir Media Press.

Adnan, M. (2018). Urgensi Penerapan Metode Paikem Bagi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.42

Arifudin, W., Sriwana, & Wahyuni, N. (2023). Penerapan Strategi PAIKEM untuk Meningkatkan HAsil belajar Siswa Kelas X SMA Cendrawasih Makassar. Jurnal Ilmiah Pena, 15(02), 56–59.

Bahrissalim. (2023). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Cetakan Pe). Publica Indonesia Utama.

Bujangga, H. B. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.482

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Harahap, N., Nasution, E. S., & Siregar, S. U. K. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Kemampuan Kreativitas Fisika Siswa Ditinjau Dari Ranah Kognitif Di Kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 81–87. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/FISIKA/article/view/1317/1022

Murtaja, S. (2015). Peenerapan Pembelajaran Berbasis PAIKEM Dengan Metode Percobaan Dan Kuis Cerdas Cermat Pada Pembelajaran Fisika SMA Negeri 1 Balung Kelas XI Pokok Bahasan ; Fluida Statis. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11471

Mustafa, N., & Kaimudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di MAN 2 Halut. Edukasi, 21(2), 356–362. https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i2.6275

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Siregar, S. U. K. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalor Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal LPPM UGN, 10(3), 32–41. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/article/view/415

Suardi, M. (2022). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, March, 175. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. 02(03), 36–49.

Syafrimar. (2016). Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 2(3), 255–262.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. 1(1), 18–22.