Analisis penerapan pembelajaran fisika melalui model pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa di berbagai jenjang pendidikan
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efisien, dan Menyenangkan (PAIKEM) merupakan pendekatan yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran PAIKEM di berbagai tingkat pendidikan serta mengidentifikasi peran kesiapan guru dan siswa dalam keberhasilan implementasinya. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, data dalam penelitian ini dikumpulkan dari berbagai jurnal ilmiah yang relevan. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa model PAIKEM tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga mengembangkan potensi siswa secara optimal. Berdasarkan analisis literatur, disimpulkan bahwa penerapan PAIKEM memerlukan kesiapan baik dari sisi pendidik maupun peserta didik untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.
Fatmah, A. N., Jumadi, O., & Junda, M. (2016). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 59–64.
Hartono, Setyawan, D. N., & Edie, S. S. (2013). Implementasi Pendekatan Multiple Intelligences dalam Metode Praktikum untuk Melihat Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 2(3), 8–11.
Jelni, N., Iksan, M., Mandalika, U. P., & A, J. P. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terintegrasi Word Square Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa VII-A VII-B. 10(2), 248–259.
Laia, A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Pakem Pada Materi Ketenagakerjaan Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 O’O’U. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.57094/jpe.v5i1.1510
Laksmi Dewi Asep Dudi Suhardini. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Paikem (Pelatihan Pada Guru Mi Dan Mts Di Kabupaten Cianjur). Edutech, 1(Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3, Oktober 2014), 1–3.
Lasiati. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM. LPPM IKIP Mataram, 139–141.
Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application of PAIKEM Gembrot Learning Model to Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7651
Muhammad Fuadi, Muhammad Arsyad, Kaharuddin Arafah, & Asriyadin. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.387
Muluk, M. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan model Reading Guide Berbasis PAIKEM Bagi Peserta Didik kelas II di SD Negeri 40 Ampenan Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019. 2(3), 5–10.
Nahak, R. L., Enstein, J., Bulu, V. R., & Dosantos, M. L. (2022). Pelatihan Model – Model Pembelajaran. Jurnal Pemimpin - Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–6.
Rusnawati. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri 44 Cakranegara Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM. Media Bina Ilmiah, 13(3), 1003–1012.
Saputra, M. R. A., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah dan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Nizamia Learning Center.
Shunhaji, A., Sastradiharja, J., & Hasyim, M. (2020). Pengaruh Pendekatan PAIKEM dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTS An Najjah Rumpin Bogor Jawa Barat. Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Dan Sosial Budaya, 9(2), 94–100.
Sri Utami kholilla Mora Siregar, Rini Kesuma Siregar, Rosni Harahap3, N. C. D. (2022). StrategiPembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan(PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 472.
Tampubolon, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paikem terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 31–35.
Umar, Surmila, O. R. (2023). UNES Journal of Education Scienties Increasing Students ’ Learning Motivation Through Paikem Based on Poster Comments And Jigsaw Learning On Science Learning Outcomes of Class Iv Students at SD. 7(May), 121–148.