Analisis strategi pemasaran perumahan panorama hill Sumedang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT.Rahayu Putra Eks khususnya perumahan Panorama Hill Sumedang berdasarkan analisis SWOT. Permasalahan penelitian adalah semakin ketat persaingan dan selektif konsumen dalam memilih produk yang tersedia di pasar, perusahaan harus mencari strategi yang tepat dalam memperhatikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi, mewawancarai staff marketing dan memperoleh data keadaan real di area Perumahan Panorama Hill Semedang. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi SO (strengths dan opportunities), yaitu dengan mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan untuk dapat meningkatkan penjualan dalam kondisi pertumbuhan pasar yang semakin tinggi, strategi ST (strengths dan threats) dengan cara meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dalam menghadapi persaingan dari pesaing lama yang semakin berkembang ke arah yang baik dan dalam menghadapi pesaing baru yang menghasilkan produk lebih inovatif. Kemudian, Strategi WO (weaknesses dan opportunities) yaitu dengan cara memahami apa yang diinginkan oleh konsumen dan meningkatkan pemahaman mengapa konsumen layak membeli produk yang kita tawarkan mengingat potensi pasar yang sangat baik serta pertumbuhan pasar yang semakin tinggi. Sedangkan Strategi WT (weaknesses dan threats) adalah dengan memperbaiki strategi bisnis ke arah yang lebih baik dengan membuat strategi-strategi yang berbeda dari pesaing.