Persepsi siswa dalam penggunaan booklet ArfhA Augmented Reality sebagai media peningkatan vocabulary Bahasa Inggris
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Booklet ArfhA yang berbasis teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 10 siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner skala Likert untuk mengevaluasi tanggapan siswa setelah pembelajaran menggunakan media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespon positif penggunaan Booklet ArfhA, yang secara signifikan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap kosakata Bahasa Inggris. Teknologi AR yang diterapkan dalam booklet ini, yaitu visualisasi 3D dan suara, mampu mengurangi kebosanan siswa serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Booklet ArfhA Augmented Reality merupakan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan minat serta kemampuan siswa ketika belajar Bahasa Inggris.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Franciska, M. B., Setyawan. M. B., & Zulkarnain. I. A. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus MI Ma’arif Patihan Kidul). KOMPUTEK, 2(2). https://doi.org/10.24269/jkt.v2i2
Handayani, E. (2024). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1). https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7903
Isma, C. N., Rahmi. R., & Jamin. H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2). https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317
Ismawanti, D. M., Utomo. H. W., & Fitriana. G. F. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer, 8(6). https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/3692/2425
Leavy, P. (2017). Research design: Quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community- based participatory research approaches. Guilford Press.
Lindawati, N. P. (2018). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia, 2(2). https://media.neliti.com/media/publications/271007-keefektifan-pengajaran-kosakata-bahasa-i-d8f22d9b.pdf
Mokodompit, M. F., Paturusi. S. D. E., & Tulenan. V. (2021). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/8525/5566
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 3(1). https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/527
Ripansyah, I., Astuti. I. F., & Widagdo. P. P. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa SD Dengan Metode Marker Based Tracking. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer: , 16(2). https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/4174
Setiawan, A. H. & Dani. H. (2021). Studi Terhadap Media Augmented Reality (AR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada KD Memahami Jenis-Jenis Aalat Berat. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/37593
Sulistiyaningsih, R., Rakhmanto. D. S., K. I., & Fadhilah. N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Susanthi, I.G.A.A D. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal, 1(2). https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/licosjournal/article/download/
Vari, Y. & Bramastia. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 10(2). https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/57256
Winarni, S., Hanim. M., Kumalasari. A., Marlina, & Rohati. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8193