Meningkatkan kualitas pengajaran: Menyikapi tantangan profesionalisme guru di masa kini
Main Article Content
Abstract
Guru merupakan profesi yang menjadi pilar utama dalam memajukan pendidikan dan membentuk generasi masa depan yang baik. Dalam menjalakan tugasnya, guru dituntut untuk terus meningkatkan profesionalismenya. Namun, seiring dengan dinamika perubahan sosial, teknologi, dan kurikulum yan terjadi, guru masa kini menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam upaya untuk meningkatkan profesionalitasnya. Artikel ini mengeksplorasi beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh guru, seperti perubahan kurikulum, teknologi dalam pembelajaran, diversitas peserta didik, tingginya beban kerja dan administratif, serta kesejahteraan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi guru masa kini dalam meningkatkan profesionalismenya serta strategi-strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Data yang dianalisis dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal hasil penelitian. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa profesionalisme guru sangat menentukan kualitas pengajaran yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi seperti pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, kolaborasi antar guru, dukungan administratif yang kuat, serta upaya peningkatan kesejahteraan guru untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Dengan strategi yang tepat, diharapkan guru dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka, memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran, dan mempersiapkan generasi mendatang untuk sukses dalam era global yang terus berubah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 148-165.
As’adi, M., & Slamet, S. (2023). Pengaruh Kesejahteraan Guru dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru Pada MTS Nahdlatuth Thullaab Kecamatan Licin. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial(JIPSI), 1(4), 374-380.
Bahri, S. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru di Era Digital Melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif. Jurnal Hurriah:Jurnal Evaluasi Pendidikandan Penelitian, 2(4), 93-102.
Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fatimah, M., & Ilyas, M. (2024). Administrasi Guru Dan Kegiatan Belajar Mengajar. AL-ABSHOR:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 61-69.
Febrianti, V. P., Cahyani, A., Cahyani, S., Allisa, S. N., Rafik, M., & Arifah, R. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. JPI: Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 17-24.
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). PenerapanMedia Pembelajaran Berbasis TIKpada PembelajaranTematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379- 6386.
Hapsari, Y., Perdhani, W. C., & Hartono, D. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMP. Jurnal Gramaswara, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.01
Ibrahim, D., & Harahap, N. (2024). Tingkat Kemampuan Digitalisasi Komunikasi Guru dalam Menyelesaikan Beban kerja Administrasi di SMP Negeri 1 Pegajahan. 4(2), 331–341.
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kuraesin, E. (2020). Peran Pengawas Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru. IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 172–178. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i2.39
Mardhatillah, O., & Surjanti, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 102–111. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.65200
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & M., M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 93-99.
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 7308-17313.
Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Reviewilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 323 - 336.
Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71
Rahmayumita, R., & Hidayati, N. (2023). Kurikulum Merdeka : Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi. Bioogy and Education Journal, 3(1), 1–9.
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalis Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205.
Silvia Marlina, Nofia Sherli, & Iswantir. (2022). Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Pendidikan Madrasah di Sumatera Barat. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 86–99. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.249
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Gurudalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7), 473-480.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Suhara, S. P., Qatrunnada, Q., Harahap, I. M., & Oktapianingsi, R. (2024). Implementasi Manajemen Perkantoran Terhadap Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Kota Medan. Sindoro CENDEKIA PENDIDIKAN, 5(6), 1-10.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Tagela, U., Sanoto, H., & Paseleng, M. C. (2023). Korelasi Pengalaman Kerja, KesejahteraanDengan Motivasi Kerja Guru-Guru SMA Swasta. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 188-194.
Taufik, M., & Susanti, R. D. (2022). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Dengan Motivation Training. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1460. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7316
Wahyudi, D. (2020). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 135–148.
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p296--311
Wijayanti, P. D., Mulyanto, C. B., & Antony, R. (2024). Kolaborasi Antar Guru Dalam Menyelesaikan Tugas Administratif Sekolah. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1418–1427.
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. JMI: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222-1230.
Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1495-1506.
Yulianti, Y., Putri, M. P., Fauziyah, S., Nadzifah, K., & Jaja, J. (2024). Analisis Tantangan dan Peluang Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 5(9), 50–54.
Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amaliah, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. EL BIDAYAH: Journal Of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204