Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam Critical Book Report mahasiswa Gizi Universitas Negeri Medan

Main Article Content

Valencia Novelin
David Josh
Tiara Nauli
Mustika Wati Siregar
Wisman Hadi

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia, seperti pada penggunaan huruf miring, huruf kapital, kata depan, dan tanda baca pada Critical Book Report mahasiswa Gizi Universitas Negeri Medan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dikumpulkan data dengan pemilihan sampel Critical Book Report mahasiswa prodi Gizi Univesitas Negeri Medan. Dikumpulkan data dan dikaji dokumen berupa Critical Book Report mahasiswa dan melakukan wawancara dengan mahasiswa gizi untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat pada Critical Book Report mahasiswa program studi Gizi Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kesalahan, termasuk penggunaan huruf miring yang tidak tepat dalam penulisan istilah asing, kesalahan penggunaan huruf kapital pada istilah khusus, serta kesalahan pada kata depan dan tanda baca. Penyebab utama kesalahan ini adalah kurangnya kehati-hatian dan pemahaman mendalam tentang kaidah bahasa Indonesia yang baik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai kaidah penulisan akademik serta pentingnya melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis yang disusun.

Article Details

How to Cite
Novelin, V., Josh, D., Nauli, T., Siregar, M. W., & Hadi, W. (2024). Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam Critical Book Report mahasiswa Gizi Universitas Negeri Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.55904/nautical.v3i3.1312
Section
Articles

References

Alber, & Febria, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Dalam kumpulan Makalah Mahasiswa Universitas Islam Riau. 6(2), 77–90.

Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(1), 34–49.

Fatihudin, D., & Holisin, I. (2011). Cara Praktis Karya Ilmiah , Artikel Ilmiah. UPP STIM Yogyakarta.

Hermandra dan Zulhafizh. (2017). Ketidaktaatan Penggunaan Aturan Ejaan Dan Tanda Baca Dalam Skripsi Mahasiswa Universitas Riau. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 5(2), 1–9.

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Makalah Mahasiswa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 35. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i3.5098

Kurniaman, O., Noviana, E., & Nukman, M. (2014). Analisis Kemampuan Guru Sekolahdasar Dalam Memahami Konsep Penggunaan Tanda Baca Se-Kecamatantampan Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2107

Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.272

Nirwana, & Abd. Rahim Ruspa. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557–566. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.277

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319.

Oktafiani, N., Goziyah, G., & Solihat, I. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Artikel Pendidikan Koran Radar Banten Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Dilaraf Islamic School. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.31000/jkip.v4i2.7434

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.

Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.

S, A. P., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.84

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (4th ed.). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Z, N. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. Univesitas Islam Riau.