Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere-Liye
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berawal dari tantangan besar yang dihadapi oleh masyarakat modern dalam menumbuhkan akhlak generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa serta menjelaskan relevansi nilai-nilai tersebut dengan kondisi terkini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten, sementara data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Hafalan Shalat Delisa karya Darwis Tere Liye mengandung berbagai nilai pendidikan akhlak, termasuk akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama, dan akhlak terhadap lingkungan. Nilai-nilai ini disampaikan melalui kisah tokoh utama yang mencerminkan keikhlasan, ketulusan, dan keteguhan dalam menjalankan ajaran agama, khususnya di tengah ujian hidup yang berat. Selain itu, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel ini memiliki relevansi yang kuat dengan pilar-pilar karakter mulia yang diterapkan di sekolah-sekolah saat ini. Nilai-nilai seperti cinta kepada Allah, amanah, kesantunan, kasih sayang, keadilan, kerendahan hati, rasa percaya diri, dan toleransi sangat tercermin dalam cerita Hafalan Shalat Delisa. Pesan moral yang disampaikan melalui media cetak maupun elektronik memiliki potensi besar untuk menjadi contoh yang menginspirasi pembaca dalam membangun karakter yang lebih baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam: upaya pembentukan dan kepribadian muslim. PT Remaja Rosdakarya.
Ayuningtyas, E. (2011). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita dan Implikasinya Terhadap Pendidikan di Lingkungan Keluarga. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bungin, B. (2003). Analisis data penelitian kualitatif : pemahaman filosofis dan metodologis ke arah penguasaan model aplikasi (1st ed.). Raja Grafindo Persada.
Emzir. (2012). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Raja Grafindo.
Gusvita, A., & Rahman, R. (2022). Analisis nilai-nilai pendidikan islam dalam novel janji karya Tere Liye. An-Nuha, 2(2), 417–425.
Hidayah, N., Rosidi, A. R., & Shofiyani, A. (2023). Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2), 190–207. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i2.957
Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Iqlasiayas, H. (2019). Hubungan antara Kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dengan Sikap Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Liriwati, F. Y., Ilyas, M., Mulyadi, M., Syahid, A., & Kafrawi, K. (2023). Harmonisasi Kurikulum Merdeka Dengan Esensi Pendidikan Agama Islam: Membentuk Siswa Berkualitas dan Beretika. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(02), 148–161.
Mappasiara, M. (2018). Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup Dan Epistemologinya). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 147. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940
Rachman, R., Ardiansyah, E., & Saleh, M. (2022). Edukasi tentang pentingnya kesadaran mahasiswa dalam etika di kehidupan kampus. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1821
Rusmin B., M. (2017). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 72. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 1(1), 114–118.
Zulaicha, S. (2009). Nilai-nilai pendidikan akhlak pada novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 1(1), 13.