Analisis manajemen sumber daya manusia dalam praktik peningkatan mutu pendidikan
Main Article Content
Abstract
Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu negara. Meskipun negara ini kaya akan sumber daya alam, tetapi tidak dapat maju tanpa dukungan atau dukungan sumber daya manusia yang berkualitas. Manajemen sumber daya manusia sebenarnya dapat dilihat dari segi kuantitas dan kualitas. Penelitian ini menjelaskan tentang manajemen sumber daya manusia dalam praktik peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Wiyatamandala. Narasumber dari penelitian ini yakni, Kepala Sekolah, Guru dan juga Tenaga Tata Usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, manajemen sumber daya manusia yaitu, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controling), permasalahan juga ditemukan di SMK Taruna Wiyatamandala antara lain berupa masih banyaknya guru yang keluar masuk karena belum mempunyai NUPTK, masih minimnya sarana prasarana dan dari pendanaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Taruna Wiyatamandala secara umum telah dilaksanakan meskipun belum sepenuhnya tercapai apa yang dihadapkan.
Article Details
References
:1, L. G. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.
Afrilita, Y. (2020). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts Nurul Al Ittihadiah Lubuk Pakam. 151–156.
Dedi, siti fatimah, Herawati, Saroni, & Suslawati. (2021). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDN 3 Klangenan. 1–7. https://e- journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/download/2255/1351
Dra. Sri Larasati, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (pp. 1–118). Fitriani, D. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. 95–121.
Hasibuan, A. (2020). Efektovitas Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. 1–92.
Hengki Primayana, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 7. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45
Kasus, S., Sekolah, P., Di, R., & Petompon, S. D. N. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus Pada Sekolah Regrouping Di SDN Petompon 02). Educational Management, 3(2), 74–79. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/486915
Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03
Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 7–15. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/viewFile/45/54
Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Human Resources Management To Improve. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 27–36.
Purwaningsih. (2019). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Sma N 1 Kota Metro Purwaningsih. Dewantara, VII, 136–152.
Septiyani, L., Fatimah, S., & Sabila, S. N. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Di SD Negeri 4 Cipeujeuh Wetan. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar)“Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0,” 506–510.
Wacker, B. L. (2012). 14 12 13 12. 15, 2011–2013.
Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239– 246. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87