Analisis kinerja SDM terhadap efisiensi pemasaran travel pariwisata

Main Article Content

Rafli Choerul Muzacky
Prihadi Eka Muryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang sumber daya manusia di Bidang Travel Pariwisata. Keberadaan SDM diduga berperanan penting dalam mengefisensikan pemasaran  dalam bidang pariwisata. SDM pariwisata mencakup wisatawan/pelaku wisata (tourist) atau sebagai pekerja (employment). Sehubungan dengan hal tersebut, maka system dan mekanisme pendidikan dan latihan (diklat) perlu di desain secara baik, sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan di masa yang akan datang, khususnya tuntutan menciptakan aparatur yang memiliki keunggulan kompetitif, bersih dan berwibawa, handal serta efektif dan efisien. Tour Operator atau Biro Perjalanan juga harus memikirkan strategi, bagaimana caranya supaya bisa menyampaikan pesan atau informasi kepada target pasar tentang bermacam-macam produk yang ditawarkan dengan harga bersaing dan dijual pada tempat-tempat atau lokasi yang strategis, mudah dijangkau konsumen dengan melakukan pembujukan dengan harapan agar target pasar mau atau bersedia melakukan pembelian. Hal tersebut dikenal dengan kegiatan promosi yang merupakan salah satu dari bauran pemasaran (marketing mix).

Article Details

How to Cite
Muzacky, R. C. ., & Muryanto, P. E. . (2022). Analisis kinerja SDM terhadap efisiensi pemasaran travel pariwisata. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(3), 166–169. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i3.137
Section
Articles