Systematic Literature Review (SLR): peran pemasaran digital terhadap efektivitas branding Koperasi di era digital

Main Article Content

Muhamad Ardi Nupi Hasyim
Eva Denia N
Dewi Maharani
Ayu Febryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemasaran digital terhadap efektivitas branding koperasi di era digital menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa, artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel jurnal dapat diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi publish or perish .Perkembangan teknologi informasi telah mendorong koperasi untuk beradaptasi dengan strategi pemasaran digital guna memperkuat merek mereka di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan untuk mengidentifikasi tren, strategi, dan dampak pemasaran digital terhadap keberhasilan branding koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital, termasuk penggunaan media sosial, optimasi mesin pencari, dan konten berbasis digital, memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kesadaran merek, loyalitas pelanggan, dan daya saing koperasi. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengelola koperasi untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam strategi branding mereka.

Article Details

How to Cite
Hasyim, M. A. N., Denia N, E., Maharani, D., & Febryanti, A. (2025). Systematic Literature Review (SLR): peran pemasaran digital terhadap efektivitas branding Koperasi di era digital. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(4). https://doi.org/10.55904/nautical.v3i4.1410
Section
Articles

References

Dwiarti, S., & Nurjannah, A. (2023). Digital branding in cooperatives: Enhancing competitive advantage.

Ermaya, Sir Kalifatullah, and Shofwan Azhar. "Strategi Pemasaran Produk Koperasi Berbasis Digital." Book Chapter: Pengembangan Kinerja Manajemen Organisasi, Keuangan dan Usaha Koperasi & UMKM (2022): 105-114.

Fathorrahman, & Khayatun Nufus. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing pada Koperasi. Didi Sukardi. (2025). Transformasi Digital Mengungkit Bisnis Koperasi.

Fathorrahman, Fathorrahman, and Khayatun Nufus. "Pemanfaatan Digital Marketing Pada Koperasi Dan Cara Koperasi Menghadapi Financial Technology (Studi Kasus pada BMT Al-Fath IKMI)." Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) 3.1 (2021): 1.

Fitriani, E., & Purwanto, M. (2020). media sosial sebagai alat branding koperasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 50-63.

Hidayati, F., Sulistyo, R., & Raharjo, R. (2021). Peran digital marketing dalam memperkuat branding koperasi di era digital, 21(2), 88-101.

Irianto, A., Sulaiman, H., & Suhendra, S. (2022). Strategi komunikasi pemasaran terpadu untuk koperasi: Pendekatan digital Jurnal Komunikasi Pemasaran, 18(1), 111-123.

Jurnal Ekonomi dan Koperasi, 15(3), 234-247.

Jurnal Pengembangan Ekonomi, 12(2), 45-59.

Kurniawan, Indra, et al. "Analisis dan Perancangan Sistem digital Branding UMKM Berbasis Web dalam Membantu Promosi dan Pemasaran Produk." Journal of Information System and Computer 2.2 (2022): 14-19.

Manzilati, Asfi, et al. "Pengembangan Digitalisasi Koperasi Guna Mendorong Modernisasi Koperasi Mina Jaya di Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang." ihsan: jurnal pengabdian masyarakat 6.2 (2024): 220-229.

Mulyono, Resha Dwi Ayu Pangesti, et al. "Re-Branding Kopi Koperasi Ketakasi Kecamatan Silo Sebagai Desa Pengekspor Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Website."

Pangesti Mulyono, R. D. A., et al. (2021). Re-branding Kopi Koperasi Ketakasi Kecamatan Silo sebagai Desa Pengekspor Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Website. Pendampingan.

Pitaloka, Lola Kurnia. "Pemberdayaan Usaha Anggota Koperasi melalui Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan." Bagelen Community Service 2.2 (2024): 98-106.

Putri, Rahmi Eka, Laela Susdiani, and Ricky Akbar. "penerapan digital marketing dan branding produk pada koperasi tenun pandai sikek di kecamatan x koto kabupaten tanah datar." jURNAL hILIRISASI iPTEKS 4.4 (2021): 210-217.

Putri, Rahmi Eka, Laela Susdiani, and Ricky Akbar. "penerapan digital marketing dan branding produk pada koperasi tenun pandai sikek di kecamatan x koto kabupaten tanah datar." jURNAL hILIRISASI ipteks 4.4 (2021): 210-217.

Sandiva, T., & Veri, J. (2024). Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Pertumbuhan Penjualan UMKM melalui Tinjauan Literatur Sistematis. Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Savitri, C., & Maemunah, M. (2021). Model Strategi Pemasaran Berbasis Digital Pada Koperasi Simpan Pinjam (Konsep Pada Koperasi Mugi Lestari). Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 107-114.

Shetty, R. (2019). Strategi Pemasaran Produk Koperasi Berbasis Digital

Supriyanto, H., & Arifin, Z. (2020). Tantangan dan peluang pemasaran digital bagi koperasi di Indonesia.